judul alt
Cara Mudah Lakukan Pola Makan Sehat - Assalamualaikum sobat blogger Ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi, Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, memaparkan empat kunci pola makan sehat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. 
"Untuk makan sehat ada jurus '4J' yang bisa diaplikasikan sehari-hari, yaitu; jumlah, jenis, jadwal, dan jurus memasak," jelas Samuel di Jakarta, Rabu. 
Lebih lanjut Samuel menjelaskan bahwa 'jumlah' mengacu pada jumlah makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak boleh lebih atau pun kurang. 
Untuk 'J' yang kedua atau jenis, dikatakan Samuel adalah jenis makanan yang dikonsumsi harus variatif dan kaya nutrisi. "Harus mengandung gizi seimbang yang tepat untuk tubuh. Harus ada karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral," tutur Samuel. 
Sementara itu, jadwal makan juga harus diperhatikan. Jadwal makan harus dilakukan tiga kali makan besar, kecuali dalam kondisi tertentu seperti pada penderita diabetes dan gangguan lambung. 
"Jangan melewatkan makan, karena itu hanya akan memperlambat metabolisme tubuh," jelas Samuel. Kunci yang terakhir adalah jurus memasak. 
Menurut Samuel, tidak hanya jenis makanan yang menjadi inti pola makan sehat, namun tata cara memasak dan mengolah makanan juga memiliki peran penting. 
"Makanan yang dimasak jangan terlalu matang, jangan terlalu banyak garam apalagi MSG, gula atau pun bahan makanan olahan. Ini akan mengurangi kadar sehat dalam makanan," pungkas Samuel. 

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Mudah Lakukan Pola Makan Sehat, semoga dapat bermanfaat buat kalian semua. Wasalamualaikum