Mandi Setelah Olahraga Malam, Baik atau Tidak?

Mandi Setelah Olahraga Malam, Baik atau Tidak - Bagi orang yang sibuk bekerja dan sulit bangun pagi, maka olahraga di malam hari bisa jadi pilihan. Tapi jika selesai olahraga malam langsung mandi, apakah menyehatkan atau bikin penyakit?

Ada banyak olahraga malam yang bisa dilakukan seseorang mulai dari sepedaan, jogging malam hari, bermain tenis atau futsal dan sepakbola bersama dengan teman-teman selepas jam kerja.

Setelah selesai berolahraga maka hal yang ingin dilakukan seseorang adalah mandi agar tubuhnya lebih segar dan menghilangkan keringat yang ada di tubuh. Namun jika tak ingin sakit, sebaiknya perhatikan waktu mandi setelah olahraga malam.
 

(Mandi setelah olahraga malam) nggak masalah, yang penting kalau olahraga di tempat terbuka nggak boleh saat berdingin-dingin terkena embun dan angin malam langsung mandi.

Yang pernah menjadi atlet olahraga polo air ini mengungkapkan pengalamannya berlatih di malam hari tetap membuatnya sehat-sehat saja. Hal yang penting adalah jangan sampai menggigil lalu mandi, tapi istirahat dulu dan begitu keringatnya hilang baru boleh mandi.
 

Mandi Setelah Olahraga Malam, Baik atau Tidak?
Saat keringetan maka pori-pori kulit akan terbuka dan tubuh serta kelenjar keringat bekerja untuk mengeluarkan panas tubuh. Kalau orang langsung mandi maka panas di tubuh ini tidak keluar dan kelenjar keringat tidak bagus kerjanya.

Nantinya kondisi ini bisa menyebabkan pori-pori kulit melebar dan timbul-timbul seperti orang merinding, serta dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini juga biasanya sering ditemui pada orang yang sering mandi air hangat.

Selain itu setelah berolahraga disarankan tidak mengonsumsi minuman dingin yang suhunya seperti es, karena dapat menyebabkan daya tahan lokal jadi menurun dan mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah di tenggorokan dan mulut yang bisa memicu batuk, pilek serta flu.
 

Kalau minumannya dingin bukan beku, seperti suhu 20-an derajat ya tidak apa-apa dikonsumsi setelah olahraga malam. 

Untuk itu jika ingin melakukan mandi setelah olahraga malam hari, sebaiknya tunggu sampai keringat kering baru mandi, serta hindari minuman-minuman dingin yang memiliki suhu hampir mencapai es.


Demikian mengenai Mandi Setelah Olahraga Malam, Baik atau Tidak?, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat kalian semuannya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Mandi Setelah Olahraga Malam, Baik atau Tidak?"

Posting Komentar