Tips Menghilangkan Komedo yang Membandel

Tips Menghilangkan Komedo yang Membandel
Tips Menghilangkan Komedo yang Membandel - Jerawat dan komedo seperti dua sejoli yang selalu setia menemani masa pertumbuhan remaja. Sebagai gambaran, ada beberapa jenis jerawat yakni ;

Jerawat biasa.
Jenis jerawat ini mudah dikenal berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari tangan yang tidak bersih, rambut kepala, debu, seprai, handuk, waslap, kuas make up, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

Jerawat Batu (Cystic acne).
Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini (factor genetic). Secara genetik penderitanya memiliki:

Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Komedo
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, termasuk jenis jerawat yang tidak bikin sakit dan tidak akan bertambah besar. bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka disebut dengan blackhead (komedo hitam) , terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup disebut dengan whitehead (komedo putih) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan produksi dari kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Wajah halus tanpa jerawat ternyata tidak cukup, jika komedo masih bersarang dan menutupi pori-pori wajah terutama pada bagian hidung tentunya akan mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri kamu di saat usia remaja. Agar wajah tetap halus dan bersih sempurna, berikut tips mengurangi komedo dan sebum (minyak) dari wajah kita yakni;

Kenali Jenis Kulit
Biasanya, komedo mudah muncul pada kulit wajah berminyak. Dengan mengenali jenis kulit, Anda bisa lebih mudah memilih produk pembersih wajah yang sesuai.

Pilih Pembersih yang Tepat
Pembersih yang tepat dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang Anda gunakan.

Pilih Pelembap yang Cocok
Bagi kulit normal dan berminyak, gunakan pelembap oil free. Dalam kondisi normal, sebenarnya tubuh memiliki sistem alami yang bisa mengatur kelembaban kulit.

Hindari Produk Comedogenic
Produk lain yang bisa menimbulkan komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampo berbahan ginseng, dan conditioner. Perlu diketahui, bedak padat merupakan produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak padat terlalu lama, tak hanya komedo, tapi juga bisa menimbulkan jerawat.

Hidup Sehat dan Cukup Gizi
Cukup tidur, rutin berolahraga dan hindari stres. Pada saat kondisi tubuh menurun, kuman-kuman mudah masuk ke dalam tubuh.

Facial
Facial menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat. Lakukan facial secara berkala dan setelah masa haid. Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar sebasia (kelenjar minyak) selama masa haid, yang memproduksi minyak lebih aktif.

Diet
Batasi mengkonsumsi cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak.

Ke Dokter Kulit
Jika tak sabar dan ingin segera menghilangkannya, konsultasikan ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika komedonya sudah sangat banyak, dokter akan menggunakan bantuan teknologi laser.

Demikian mengenai Tips Menghilangkan Komedo yang Membandel, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

sumber:http://ryanthamrin.com/
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips Menghilangkan Komedo yang Membandel"

Posting Komentar