Bahaya Bekerja Berlebihan

Bahaya Bekerja Berlebihan - Malam hari seharusnya adalah waktu yang digunakan untuk tubuh berisitirahat. Namun, karena banyaknya tugas membuat beberapa orang terkadang harus tetap bekerja meski waktu sudah malam. Padahal, para ahli telah menjelaskan betapa kerja shift malam atau kerja lembur bisa memberikan dampak yang serius untuk kesehatan tubuh.

Selain bisa menyebabkan gangguan tidur atau kurang tidur, sering kerja lembur juga akan membuat seseorang lebih mungkin mengalami kesulitan untuk berolahraga secara teratur dan rentan makan junk food. Tidak hanya itu saja, kebiasaan kerja lembur juga bisa merusak ritme biologis tubuh. Dengan sering kerja malam itu akan menganggu ritme sirkadian tubuh yang mengatur fungsi tubuh, keseimbangan hormonal, metabolisme tubuh, sistem kekebalan tubuh dan sebagainya yang pada akhirnya akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Beberapa jenis gangguan kesehatan yang bisa muncul akibat kerja berlebihan seperti dilansir dari GeniusBeauty:
 

Bahaya Bekerja Berlebihan

Daya Tahan Tubuh Menurun

Seperti yang sudah disampaikan pada paragraf sebelumnya, tidur adalah proses regenerasi sel dari dalam. Bila Anda kurang tidur, otomatis daya tahan tubuh Anda melemah. Tubuh Anda akan mudah terserang virus yang ringan sekalipun, flu dan batuk misalnya. Sekalipun Anda mengatur pola makan, tanpa diimbangi tidur yang berkualitas, daya tahan tubuh Anda tidak akan prima.

Memicu Kegemukan Dan Diabetes

Kebiasaan begadang dan kurang tidur berakibat pada gangguan tingkat gula darah dan produksi leptin. Leptin adalah hormon yang berguna untuk menekan napsu makan. Apabila Anda kekurangan tidur, maka tubuh akan kurang menghasilkan leptin. Inilah yang menyebabkan Anda sering lapar pada saat begadang atau lapar di sepanjang siang.

Bila hal ini terjadi, Anda cenderung untuk memilih cemilan yang banyak mengandung glukosa, lemak, dan karbohidrat. Dengan demikian, tubuh akan menumpuk zat-zat tersebut dan mengacaukan tingkat gula darah, sehingga Anda lebih rentan terserang diabetes. Kegemukan juga merupakan efek samping dari pemilihan makanan tidak sehat akibat menurunnya hormon leptin.

Emosi Tidak Stabil Dan Sulit Berpikir

Tidur dapat menurunkan tingkat stres, sudah banyak penelitian yang membuktikannya. Kurang tidur akan membuat otak Anda tidak mendapat jatah istirahat yang cukup. Tubuh Anda pun mengalami kelelahan karena tidak mendapat perbaikan alami yang terjadi pada saat tidur. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan Anda menjadi depresi akibat kelelahan. Emosi Anda menjadi tidak stabil dan konsentrasi Anda akan menurun. Anda akan kesulitan untuk berpikir dan memecahkan masalah, bahkan untuk masalah yang paling ringan sekalipun. Anda bahkan menjadi mudah pikun dan ceroboh akibat kurang tidur.

Menyebabkan kematian

Walaupun terlihat biasa saja, kurang tidur tidak hanya sekedar berefek mengantuk di siang hari atau badan menjadi lemas. Ada konsekuensi kesehatan yang sangat besar jika Anda sering mengalami masalah kurang tidur. Berdasarkan penelitian medis, kurang tidur akan menyebabkan disfungsi ratusan gen, memperparah kondisi kesehatan dan membuat tubuh melemahkan pertahanan pada kekebalan pada penyakit fatal.

Penelitian yang ditulis dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukkan bahwa para ilmuwan terus menghubungkan kurang tidur dengan banyak masalah kesehatan. Kurang waktu tidur yang menjadi tolak ukur banyak penelitian adalah tidur yang kurang dari 6 jam setiap hari. Masalah ini telah lama diklaim dapat memicu obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), bahkan menyebabkan kematian.

Produktivitas kerja sebaiknya tetap diimbangi dengan kepedulian kita terhadap kesehatan. Ketika tubuh sehat dan cukup istirahat, Anda juga akan lebih konsentrasi dan fokus pada tugas yang sedang Anda tangani. Yuk, lebih peduli pada kesehatan tubuh Anda setiap harinya.

Demikian mengenai Bahaya Bekerja Berlebihan, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bahaya Bekerja Berlebihan"

Posting Komentar