Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa - Bulan ini semua umat muslim diseluruh dunia pastinya melaksanakan ibadah puasa, karena ibadah puasa di bulan ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim. Banyak halangan saat kita berpuasa, diantaranya adalah lemas dan bau mulut saat puasa.

Kenapa bisa bau mulut? Ini diakibatkan karena kita jarang mengunyah makanan yang mengakibatkan air liur kita berkurang, inilah yang menyebabkan bau mulut. Tapi tenang saja, bau mulut saat berpuasa adalah hal yang normal.

Tapi walapun normal, bau mulut ini bisa menganggu orang yang ada disekitar kita. lalu bagaimana Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa? Sebelum ke cara mengatasinya sebaiknya kalian perlu tahu agar tetap segar bugar saat puasa.

Berikut adalah Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa :

Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa


1. Minum Air Putih Sebanyak 8-10 Gelas
Selama kita berbuka dan saat sahur,sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat.Air putih juga bermnafaat untuk meningkatkan produksi saliva ( air liur ) dalam mulut,sehingga dapat membantu menjaga kebersihannya.

2. Gosok Gigi

Setelah berbuka dan sahur,gosoklah gigi secara menyeluruh termasuk bagian lidah.Jika kurang bersih dalam menyikat gigi dapat meninggalkan partikel makanan membusuk didalam mulut

3. Minum Teh Hijau tanpa Pemanis

Selain air putih,minum teh hijau tanpa gula ketika berpuasa dan mekan sahur juga akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulu.Hal ini karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.Fungsi lain dari tanaman ini adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh adap rokok. 10 Tips Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

4. Kurangi Makanan yang Banyak Mengandung Gula

Kurangi makanan yang banyak mengandung gula untuk mencegak pengeroposan pada gigi.Hindari pula makanan yang dapat menghasilkan bau tak sedap pada mulut seperti petai,jengkol,dan durian.

5. Jangan Merokok

Hindari rokok karena merokok dalam kondisi tak berpuasa pun,merupakan salah satu penyebab bau mulu yang tak sedap

6. Hindari Makanan yang Mudah Lengket

 Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya.Jika ingin tetap mengkonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang sangat lama.

7. Gunakan Obat Kumur AntiSeptik

Untuk hasil lebih maksimal,gunakan juga obat kumur antiseptik.Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi.Jangan lupa tinggalkan kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur malam.


8. Olahraga Ringan secara Rutin

Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat.Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut.Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memacu bau mulut yang tidak sedap juga

9. Gunakan Benang Gigi

Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi

10. Konsultasi kedokter

Terakhir,segeralah konsultasikan dengan dokter gigi jika anda mengalami masalah pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang ,karang gigi,peradangan pada mulut dan sariawan.

Demikian mengenai Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa, semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya. Selamat menunaikan ibadah puasa, bagi yang menjalankan.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa"

Posting Komentar