Tanda-Tanda Kekurangan Zat Besi

Tanda-Tanda Kekurangan Zat Besi - Bagi tubuh kita zat besi sangatlah penting, karena zat besi adalah pembentuk darah merah. Tidak hanya itu saja, tapi dengan kekurangan zat besi kita bisa terserang namanya anemia.

Nah, langsung saja deh enggak usah lama-lama nerangin apa itu zat besi. Kalau belum tahu cari tahu lebih detailnay di internet atau tanya dengan dikter yang lebih ahli. Untuk mengantisipasi kekurangan zat besi pada tubuh kita, ada baiknya kalian mengenal tanda-tanda sebagai berikut :

Tanda-Tanda Kekurangan Zat Besi


Letih dan lesu
Kurang zat besi bisa bikin tubuh jadi letih dan lesu. Jadi jika merasa sering lesu meski sudah beristirahat cukup, coba perbanyak makanan kaya akan zat besi.

Perubahan suasana hati

Suasana hati yang mudah berubah atau terlalu sensitif adalah tanda lain dari tubuh yang kekurangan zat besi. Jika dibiarkan, depresi bisa menyerang.

Napas pendek

Padahal cuma naik belasan anak tangga, napas sudah terengah-engah. Merasakan hal serupa? Jika iya, kemungkinan besar tubuh memang kekurangan zat besi.

Kuku rapuh
Penyebab kuku rapuh adalah penggunaan cat kuku yang terus menerus. Namun selain itu, kuku rapuh juga bisa dipicu dari tubuh yang kekurangan zat besi.

Kulit pucat
Tanda berikutnya bahwa tubuh kekurangan zat besi adalah kulit yang pucat. Sebab kurangnya suplai darah membuat hemoglobin menurun, kulit pun berubah pucat.

Rambut rontok
Rambut, sama seperti organ tubuh penting lainnya, perlu nutrisi berupa zat besi agar tetap kuat dan sehat. Jika kekurangan zat besi, rambut akhirnya jadi rontok.

Menopause dini
Wanita yang memasuki masa pre-menopause bisa terkena menopause lebih cepat jika tidak menjaga asupan zat besi. Sebab zat besi juga memengaruhi fungsi hormon pada wanita.

Kurang darah

Pendarahan hebat saat menstruasi atau donor darah dalam waktu tertentu mungkin bisa dibilang sebagai penyebab kurang zat besi. Jadi jika sering pusing saat menstruasi, mungkin tubuh memang kekurangan zat besi.

Kaki gemetaran
Apa hubungannya gejala kaki gemetaran dengan zat besi? Ternyata kurang zat besi membuat aliran darah menjadi tidak lancar, termasuk daerah kaki sehingga membuatnya sering kaku dan gemetaran.

Ngemil
Kebanyakan tanda tubuh kekurangan zat besi berupa ngemil ditemukan pada anak-anak. Bahkan bukan cuma makanan saja yang dimakan. Wanita pun juga bisa mengalami kondisi serupa.


Demikian mengenai Tanda-Tanda Kekurangan Zat Besi, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tanda-Tanda Kekurangan Zat Besi"

Posting Komentar