Bahaya Toilet yang Tidak Bersih

Bahaya Toilet yang Tidak Bersih - Toilet, memang hal yang tak dapat dipidahkan dari kehidupan kita. Setiap hari pasti kita ke toilet untuk buang air atau mandi. Tapi toilet yang tak bersih bisa menimbulkan bahaya bagi diri kita.

Banyak bahaya mengancam jika toilet kita tidak bersih dan higienis. Mau tahu bahaya apa saja jika toilet kita tidak bersih. Berikut adalah Bahaya Toilet yang Tidak Bersih :

Dari Gatal Hingga Infeksi Saluran Kencing
sederetan gangguan kesehatan yang mungkin bisa timbul akibat penggunaan toilet secara sembarangan. Gangguan itu biasanya lebih banyak diderita oleh kaum perempuan.

Pertama, adalah infeksi kulit pada dan sekitar vagina. Keluhannya bermacam-macam tergantung pada sebabnya, bisa karena jamur atau karena bakteri. Infeksi pada kulit mencakup rasa gatal-gatal pada area vagina, keputihan, bintik merah-merah dan lainnya. Tak hanya di vagina, infeksi kulit juga menyerang area selangkangan (antara vagina dan dubur). Daerah itu, sangat rentan terkena jamur dan bakteri karena posisinya yang bersentuhan langsung dengan dudukan toilet.

Penggunaan toilet yang kurang bersih juga ternyata memicu timbulnya gangguan saluran kemih/kencing (ISK). Bakteri atau kuman yang paling sering mengakibatkan infeksi itu antara lain Escherichia coli atau E. coli, Klebsiella, dan Pseudomonas. Penyebab infeksi paling utama adalah E. coli, yang banyak ditemukan di toilet.
 

Bahaya Toilet yang Tidak Bersih

Perempuan Lebih Rentan

Ada dua jenis ISK yaitu ISK bagian atas dan ISK bagian bawah (sistitis). Pada ISK bagian atas kuman menyebar lewat saluran kencing, ginjal, dan bahkan seluruh tubuh. Dampak lanjutannya penderita akan mengalami infeksi ginjal dan urosepsis. Itu sebabnya penyakit tersebut lama sekali tak boleh dianggap remeh.
dibandingkan laki-laki, perempuan lebih rentan terkena penyakit itu. Pasalnya lokasi vagina dengan saluran kemih berdekatan. Padahal, vagina bisa menjadi sarang kuman dan bakteri, sehingga bila terinfeksi kuman maka bisa naik ke saluran kemih maka terjadilah ISK. Beda halnya dengan laki-laki yang saluran kemihnya lebih panjang sehingga kuman susah masuk.

Toilet Hanya Media
Meski begitu,menandaskan bahwa toilet umum bukanlah biang utama penyebab terjangkitnya infeksi maupun gangguan kesehatan lainnya. Toilet hanyalah media penularan kuman. Kuman di area toilet umum justru asalnya dari pengguna itu sendiri. Masih rendahnya kesadaran kebersihan dengan membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet umum adalah salah satu penyebabnya.

Pengguna toilet yang memiliki infeksi atau penyakit tertentu, bisa saja menyebarkannya melalui tisu, air, atau dudukan toilet yang kemudian digunakan oleh orang lain. Untuk itu, saya mewanti wanti pengguna toilet untuk membiasakan membersihkan vagina sampai bersih dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di toilet. disarankan pengguna toilet untuk membersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya. "Paling bagus dengan antiseptik, alkohol juga bisa digunakan",


Si Jongkok Versus Si Duduk
Toilet duduk memang praktis, tetapi toilet jongkok justru memiliki kelebihan-kelebihan yang membuat kita tetap sehat, inilah kelebihannya :

• Peluang terkena atau tertular kuman lebih kecil dari toilet duduk karena tidak ada kontak langsung antara kulit dengan toilet.

• Terbiasa memakai toilet jongkok mengurangi resiko terkena penyakit ambien. Toilet jongkok memungkinkan kita untuk mengejan lebih kuat daripada toilet duduk. Dengan mengejan, otot panggul akan terlatih dan pada akhirnya akan terhindari dari penyakit satu itu.

Tips Menggunakan Toilet

DIPERLUKAN perhatian ekstra agar bebas terinfeksi kuman di toilet umum. Berikut ini adalah caranya :

• Pilih toilet umum dengan toilet jongkok. Toilet jongkok tidak menyentuh langsung permukaan toilet dan lebih higienis.

• Jika menggunakan toilet duduk, sebelum menggunakannya, bersihkan dulu pinggiran atau dudukan toilet dengan cairan pembersih dan tisu baru. Bila perlu setelah dibersihkan, lapisi dudukan dengan tisu.

• Jangan cebok di toilet umum dari air yang ditampung di bak mandi atau ember. Pakailah shower atau keran.

• Biasakan cebok dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya. Bila terbalik maka cara cebok seperti itu sama saja seperti menarik kotoran ke daerah vagina atau saluran kencing.

• Toilet bersih bukan jaminan terbebas dari kuman. Sumber kuman bias jadi malah dari Anda sendiri, khususnya tangan. Biasakan untuk mencuci sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di toilet.


Demikian mengenai Bahaya Toilet yang Tidak Bersih, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.

sumber : http://digilib-ampl.net/detail/detail.php?tp=artikel&kode=2104
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bahaya Toilet yang Tidak Bersih"

Posting Komentar