Penyebab Terjadinya Tulang Keropos (Osteoporosis)

Penyebab Terjadinya Tulang Keropos (Osteoporosis) - Osteoporosis juga sering disebut penyakit tulang keropos oleh masyarakat awam. Tapi kebanyakan osteoporosis di derita oleh orang-orang yan sudah manula.

Tapi tak menutup kemungkinan juga orang-orang yang masih muda juga terkena osteoporosis, karena gaya hidup yang senaknya. Lalu apa penyebab terjadinya tulang keropos atau Osteoporosis

Dibawah ini adalah sebagian penyebab terjadinya Tulang keropos atau osteoporosis :

Penyebab Terjadinya Tulang Keropos (Osteoporosis)


1. Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium terutama di masa  kecil hingga remaja,  saat pembentukan masa tulang maksimal dapat menjadi penyebab  utama penyakit osteoporosis.

2. Faktor Keturunan
Bila salah seorang anggota keluarga Anda menderita osteoporosis, misalnya kakek, nenek, atau ibu Anda tampak lebih pendek bungkuk seiring dengan pertambahan usia, maka kemungkinan  besar 80% terkena osteoporosis, sedangkan sisanya tergantung pada olahraga dan pola makan sehari-hari.

3. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk pembentukan tulang / penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D sangat jarang diderita penduduk Indonesia karena selalu mendapatkan sinar matahari.

4. Gangguan Fisiologi

Penyakit pada usus kecil, hati, dan pangkreas serta factor gaya hidup yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok dapat mengurangi penyerapan kalsium.

5. Kafein


Mengkonsumsi kafein atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan soft drink secara berlebihan juga dapat meningkatkan pengeluaran air seni dan tinja serta melarutkan kalsium sehingga terjadilah kekurangan kalsium.

6. Perubahan Hormonal


Perubahan hormonal seperti kasus menopause dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk membentuk tulang. Dengan menurunnya kadar estrogen, maka pembentukan tulang pada wanita penderita menopause tidak efisien lagi.

7. Kurang Bergerak

Penurunan masa tulang dapat terjadi bila kurang bergerak sehingga dapat memperparah osteoporosis. Ini terjadi pada seseorang yang duduk di kursi roda atau beristirahat di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama.


Demikian mengenai Penyebab Terjadinya Tulang Keropos (Osteoporosis), semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Penyebab Terjadinya Tulang Keropos (Osteoporosis)"

Posting Komentar