Cara Menanamkan Kebiasaan Sehat pada Anak

Cara Menanamkan Kebiasaan Sehat pada Anak - Mengajari anak untuk berbuat baik memanglah sangat sulit, salah satunya mengajari anak dengan hidup sehat. Banyak anak-anak tak memperdulikan apa kebersihan, akibatnya anak mudah terserang virus dan bakteri.

Mungkin kita bisa mengajari anak mengenai kesehat dari hal-hal yang kecil, seperti yang dilansir dari klikdokter.com, ada beberapa cara mengajari anak untuk membiasakan hidup sehat :
Cara Menanamkan Kebiasaan Sehat pada Anak

1. Mencuci tangan
Perilaku mencuci tangan yang baik dan benar merupakan kebiasaan yang paling penting yang perlu diajarkan kepada anak.Jadikan hal tersebut sebagai rutinitas sehari-hari, seperti menggosok gigi. Waktu-waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah:

  • Ketika anak sampai ke sekolah
  • Sebelum anak makan
  • Setelah menggunakan toilet
  • Setelah bermain
  • Setelah mereka pulang kerumah
Kuncinya adalah konsistensi.Ajarkan mereka untuk melakukannya setiap hari, dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. Misalnya menyanyikan lagu Happy Birthday sembari mencuci tangan. Dan jangan lupa untuk mencuci tangan selama 20  detik untuk membasmi semua kuman.

2. Mengarahkan Batuk ke Lengan
batuk, tutupJika anak menutup mulut dengan tangan saat terbatuk, bakteri akan menempel di telapak tangan mereka. Ketika terjadi kontak langsung dengan orang lain, seperti melalui bersalaman, maka hal itu akan sangat mudah menular.

Untuk itu, lebih baik mengarahkan batuk ke lengan atas karena bagian tersebut lebih jarang mengalami kontak dengan orang lain.

Dengan demikian, Anda tidak hanya mengajarkan anak mengenai pentingnya higienitas, tetapi juga nilai-nilai kepedulian empati kepada orang lain dan lingkungan dengan menekankan risikonya membuat orang tertular kuman dari diri sendiri. 

Cara Menanamkan Kebiasaan Sehat pada Anak

3. Penggunaan Tisu 
Penggunaan tisu saat menutup batuk perlu diperhatikan. Jangan sampai anak membuang tisu sembarangan di tempat terbuka, karena hal tersebut akan memudahkan bakteri terbawa oleh angin.

4. Pembiasaan, Bukan Paksaan

Jangan pernah menyuruh atau bahkan memarahi anak untuk melakukan kebiasaan sehat. Strategi yang baik sebenarnya datang dari pembiasaan, bukan paksaan. Lakukan kebiasaan-kebiasaan sehat itu kepada diri sendiri sehingga anak akan mencontohnya. Misal, cuci tanganlah di depan anak setelah pulang kerja atau sebelum makan. Jika Anda melakukannya setiap hari, anak akan memperhatikan kemudian mengikuti dengan sendirinya.


Demikian mengenai Cara Menanamkan Kebiasaan Sehat pada Anak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Menanamkan Kebiasaan Sehat pada Anak"

Posting Komentar