Cara Mengatasi Cantengan

Cara Mengatasi Cantengan - Mangalami cantengan memang sangat menyakitkan, karena kuku menembus ke daging yang menyebakan rasa sakit. Cantengan bisa terjadi di kaki ataupun ditangan, tapi yang paling sering terjadi cantengan adalah diarea kaki.

Biasanya yang paling sering trjadi cantengan (paronikia) karena salah potong kuku, hingga kuku menjorok kedalam yang mengakibatkan kuku tumbuh menusuk daging.
  1. Bila anda mengalami cantengan, anda bisa mencoba cara sederhana dibawah ini dirumah. Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.
  2. Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.
  3. Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku).
  4. Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).
  5. Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi).
Cara Mengatasi Cantengan

Nah, jika sudah melakukan cara diatas, tapi tetap saja masih mengalami cantengan, maka yang perlu dilakukan adalah.

Jika Cantengan tak kunjung sembuh.

Jika cantengan anda tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, dan sudah melakukan cara seperti diatas, maka yang perlu dilakukan adalah datang kedokter untuk penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter akan memeriksa apa penyebab terjadinya cantengan ini, apakah dari bakteri,jamur atau ada penyebab lain.

Pembedahan kuku untuk mengeluarkan nanah, mungkin diperlukan untuk mengindari infeksi yang lebih parah lagi. Tapi tenang saja pencabutan kuku tidak akan terasa sakit, karena sebelum pencabutan kuku, maka dokter akan memberikan bius, agar saat kuku dicabut tidak terjadi rasa sakit. Lalu bagaimana dengan kuku saya, apakah bisa tumbuh lagi? Tenang saja kuku yang sudah dicabut akan tumbuh sekitar 5-6 bulanan.

Demikian mengenai Cara Mengatasi Cantengan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mengatasi Cantengan"

Posting Komentar