Fakta Unik Seputar Mata

Fakta Unik Seputar Mata - Mata, adalah salah satu bagian tubuh paling penting, karena mata adalah jendela dunia. Bayangkan jika kita tidak bisa melihat, betapa hampanya hidup ini karena tak bisa melihat dunia yang indah dipenuhi oleh warna-warna yang cantik.

Mata memang sangat menakjubkan, bahkan dibandingkan kamera yang sangat canggih, kamera tersebut tidak akan bisa mengalahkan mata. Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan mata seperti melihat, membaca, menulis dan masih banyak lagi.

Seperti yang dilansir dari islandcrisis.net, sekitar 80% informasi otak kita diperoleh dari mata kita. Namun tahukah anda bahwa ada fakta yang belum semua orang tahun mengenai mata. Berikut adalah penjelasanya.

Bayi Yang Baru Lahir Pasti Buta Warna
Kedengarannya memang aneh tapi hal ini benar adanya. Tahukah Ladies? ketika kita dilahirkan sesungguhnya kita tidak dapat melihat warna loh. Akan tetapi hal ini tentu saja bukan masalah penting mengingat kita tak perlu menghafal warna pakaian kita kan. Selama satu tahun pertama mata kita mulai berkembang dan mengenal beberapa warna yang kita lihat. Hal menarik lainnya adalah bahwa sekitar 8 persen dari laki-laki dimungkinkan mengalami buta warna sedangkan wanita tidak pernah benar-benar buta warna. Itulah sebabnya mengapa lelaki sering dianggap tak piawai di dunia fashion
 

Mengapa Hidung Mengeluarkan Air Ketika Menangis
Ketika kita menangis sesungguhnya kita telah memproduksi air yang berasal dari kelenjar di bawah alis mata. Sehingga mata kita pun mulai mengeluarkan air mata, dan air mata inilah yang  kemudian melintas di mata menuju puncta. Puncta sendiri terletak di bagian mata paling dalam yang terletak di pusat hidung. Air mata kemudian melewati puncta dan menuju saluran naso (lakrimal yang mengalir ke hidung). Oleh karena itu air mata turun melalui mata menuju ke bagian dalam hidung, sehingga hidung pun mulai mengeluarkan cairan seiring ketika seseorang menangis.


Air Mata Tak Hanya Mengandung Air

Kebanyakan orang berpikir bahwa air mata hanya mengandung air saja. Tetapi sesungguhnya air mata memiliki kandungan yang  jauh lebih kompleks dari itu . Ada 3 komponen utama pada kandungan air mata, yakni lemak, lendir, dan air. Tak hanya itu, air mata  juga mengandung enzim dan sel darah air yang menjauhkan mata kita dari ancaman infeksi ketika ada sesuatu yang memasuki mata kita.


Mata Memiliki Lebih Dari Satu Juta Komponen
Anda pasti setuju jika mengetahui bahwa mata kita memiliki komponen yang sangat kompleks dan membingungkan. Mata memiliki 1 juta komponen berbeda-beda yang berada di dalamnya. Hal inilah yang membuat mata mampu mengidentifikasi berbagai warna dan bentuk berjuta-juta objek.


Anda Tidak Benar-Benar Melihat Dengan Mata
Setelah mengetahui betapa mengagumkan mata kita, hal ini tentunya akan membuat Anda lebih terkejut lagi dengan fakta yang ditemukan mengenai mata. Secara teknis manusia sebenarnya melihat dengan otak, bukan dengan mata. Mata sebenarnya memiliki tugas mengumpulkan semua informasi tentang objek yang mereka lihat dan kemudian mengirimkannya ke otak untuk diproses . Kemudian di sinilah objek itu mulai dikumpulkan dan dapat dibedakan bentuk dan warnanya oleh mata.


Warna mata Anda tergantung pada jumlah melanin dalam iris Anda.
Melanin adalah pigmen cokelat tua yang memutuskan untuk ada tidaknya warna pada mata Anda, juga pada warna rambut dan kulit.

Semakin banyak melanin yang Anda miliki di iris, semakin gelap warna mata Anda. Mata biru mengandung melanin jauh lebih sedikit daripada mata berwarna gelap, yang memungkinkan zat biru yang disebut kolagen tersebut untuk lebih terlihat.
 

Apakah Anda memiliki mata biru? Jika demikian, Anda berarti memiliki nenek moyang yang sama dengan setiap orang bermata biru lain di dunia.
Orang pertama yang memiliki mata biru di dunia hidup di antara 6.000 dan 10.000 tahun yang lalu. Dia dilahirkan dengan gen yang tidak bisa menghasilkan cukup melanin untuk membuat mata cokelat, sehingga urutan DNAnya unik dan sejak saat itu diturunkan gen seperti ini kepada setiap orang bermata biru lainnya. Meskipun ribuan tahun telah berlalu, masing-masing dan setiap orang dengan mata biru masih dapat ditelusuri kembali siapakah nenek moyang tunggal ini.

Para ilmuwan mengamati banyak variasi dalam jumlah melanin yang terkandung dalam iris orang bermata cokelat. Namun, jumlah melanin dalam iris orang bermata biru jauh lebih bervariabel.
 

Fakta Unik Seputar Mata


Jika Anda memiliki pengelihatan 20/20, penglihatan Anda hanya dikategorikan sebagai ‘normal’.
Pengelihatan 20/20 sebenarnya merupakan istilah Amerika: menurut dokter mata, itu adalah sejauh apa rata-rata seseorang bisa melihat. Jika Anda dapat membaca apa yang rata-rata orang biasanya dapat baca dari grafik yang ditempatkan pada jarak 20 kaki, Anda memiliki visi 20/20. Tapi ini bukan kualitas penglihatan terbaik yang dapat Anda miliki – beberapa orang dengan penglihatan yang luar biasa memiliki 20/10 visi, atau malah memiliki pengelihatan dua kali lebih baik dari 20/20.

Amazing-eyes4. Jika Anda meletakan bagian cembug dari kaca ata di depan mata, atau secara tidak langsung Anda menggunakan kaca mata secara terbalik, otak Anda akan beraaptasi dan memperbaiki pandangan Anda.

Otak Anda memproses semua informasi yang mata Anda kumpulkan dan memungkinkan Anda untuk melihat. Jika Anda mengenakan kacamata terbalik, di mana bagian cembungnya Anda letakan di mata Anda, dari waktu ke waktu otak akan belajar untuk memproses informasi secara berbeda, sehingga Anda tetap melihat hal-hal dengan semestinya.

Namun, kami tidak menyarankan mencoba ini di rumah: itu bisa memakan waktu hingga beberapa minggu untuk otak Anda untuk beradaptasi, dan Anda akan melihat segala sesuatu berbeda lagi setelah Anda menggunakan kaca mata dengan seharusnya.


Mata Anda berisi lebih dari 107 juta sel yang sensitif terhadap cahaya.
Dua jenis sel yang terletak di retina di belakang mata Anda disebut ‘batang’ dan ‘kerucut’.

Ada sekitar 100 juta batang, yang memungkinkan Anda untuk melihat lebih baik dalam gelap tapi tidak bisa mengenali warna. Sel-sel lain yang sensitif terhadap cahaya adalahkerucut, dengan jumlah sekitar 7 juta yang memungkinkan Anda untuk melihat warna dan detail.

Bagaimana sel-sel ini membantu Anda melihat? Itu semua terjadi berkat reaksi kimia, yang berlangsung hanya beberapa triliun detik setelah cahaya telah datang ke dalam kontak dengan batang dan kerucut di mata Anda. Impuls listrik yang dipicu oleh reaksi ini kemudian diteruskan ke otak Anda, yang memproses informasi dan memungkinkan Anda untuk melihat.
 

Rata-rata, Anda berkedip 17 kali per menit, dan sekitar 5,2 juta kali dalam setahun.
Apakah Anda pernah berpikir tentang seberapa sering Anda berkedip?

Rata-rata, Anda mungkin berkedip sekitar 17 kali per menit dan 5,2 juta kali dalam setahun, tetapi jumlah berapa kali Anda benar-benar berkedip bervariasi dan tergantung pada apa yang Anda lakukan.

Jika Anda sedang berbicara dengan seseorang, Anda cenderung untuk berkedip lebih sering: di sisi lain, Anda berkedip sedikit ketika Anda sedang membaca (yang mengapa Anda mendapatkan kering dan mata lelah).


Otot yang mengontrol kelopak mata Anda dan saat Anda berkedip adalah otot tercepat dalam tubuh Anda.
Otot yang mengontrol berkedip Anda adalah yang tercepat dalam tubuh Anda, dan kedipan rata-rata cenderung berlangsung antara 100 dan 150 milidetik. Berkedip juga penting untuk kesehatan mata Anda, membuang bakteri dan menjaga mata Anda tetap basah dengan air mata sehingga mereka tidak kering.


Dibawah ini juga keunikan mata yang kita tidak ketahui.

Beberapa orang dilahirkan dengan bola mata kiri dan kanan yang berbeda warna. Kondisi ini disebut heterochromia.

Lensa mata bergerak lebih cepat daripada lensa kamera manapun dan otot mata adalah otot tercepat dalam tubuh, itulah mengapa ketika sesuatu hal terjadi dengan cepat, dikatakan'sekejap mata.'


Mata manusia bisa membedakan 500 jenis warna abu-abu dan dapat mendeteksi 10 juta warna tetapi tidak dapat melihat cahaya ultraviolet atau inframerah.


Dari semua otot dalam tubuh Anda, otot-otot mata adalah yang paling aktif.


Manusia tidak mungkin bersin dengan mata terbuka.


Warna mata yang paling umum di dunia adalah cokelat.


Anda melihat dengan otak Anda, bukan mata Anda. Mata kita berfungsi seperti kamera, menangkap cahaya dan mengirim data kembali ke otak.


Kornea adalah satu-satunya jaringan dalam tubuh manusia yang tidak mengandung pembuluh darah. Kornea adalah penutup transparan dari iris dan pupil.


Dalam kondisi pencahayaan yang tepat mata manusia bisa melihat cahaya lilin dari jarak 14 mil.


Buta warna lebih sering terjadi pada laki-laki.


Mata adalah organ kedua yang paling kompleks setelah otak
Mata dapat memproses 36.000 potongan informasi dalam satu jam saja.


Warna mata ditentukan oleh jumlah melanin dalam jaringan iris.


Kebiasaan merokok mengurangi penglihatan pada malam hari.


Diabetes adalah penyebab nomor satu kebutaan pada orang dewasa di Inggris.


Mata mengandung sekitar 107 juta sel peka cahaya.


Manusia akan berkedip lebih ketika mereka berbicara.


Setiap mata memiliki blind spot kecil di belakang retina dimana saraf optik menempel.


Mata melihat hal-hal terbalik, otak Andalah yang mengubah gambar dengan cara yang benar.
Ruang antara alis mata disebut glabella.


Sidik jari memiliki 40 karakteristik unik, jaringan iris pada mata manusia memiliki 256 karakteristik unik. Inilah sebabnya mengapa scan retina yang semakin sering digunakan untuk tujuan keamanan.


Red-eye pada foto yang disebabkan oleh cahaya dari flash memantul dari kapiler di mata rakyat.


Dalam hidup, rata-rata mata Anda akan melihat 24 juta gambar yang berbeda.


Setiap orang memiliki satu mata yang sedikit lebih kuat dari yang lain.


Berat bola mata manusia berat sekitar 28 gram.


Meskipun fungsi dari air mata adalah untuk menjaga agar mata menjadi bersih, para ilmuwan tidak mengerti mengapa kita menangis ketika kita marah.


Semakin tua semakin sedikit air mata yang dihasilkan
Orang biasanya membaca 25 kali lebih lambat di layar daripada di atas kertas.


Semua bayi buta warna saat lahir.


Bayi yang baru lahir akan menangis, tetapi tidak menghasilkan air mata. Bayi tidak menghasilkan air mata sampai mereka sekitar berusia enam minggu.


Manusia tidak mungkin bersin dengan mata terbuka.


Orang-orang dengan mata biru lebih mampu melihat dalam gelap dibandingkan orang dengan yang lebih gelap.


Semua orang akan membutuhkan kacamata ketika tua.


Penyakit diabetes dapat dideteksi melalui pemeriksaan mata.


Demikian Fakta Unik Seputar Mata, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Fakta Unik Seputar Mata"

Posting Komentar