Tips Minum Kopi Agar tidak Susah Tidur

Tips Minum Kopi Agar tidak Susah Tidur - Bagi para penikmat kopi jika tidak minum kopi satu hari saja akan terasa ada yang aneh. Tapi sebagian orang yang suka minum kopi karena mereka ingin bisa bergadang lebih lama, tapi ada juga orang menikmati kopi karena mereka hobi bukan untuk bergadang.

Nah, biasanya yang paling banyak dikeluhkan oleh sebagian para penikmatan kopi adalah tidak bisa tidur atau insomnia. Ini akan membuat orang yang mengalami insomnia mengalami ngantuk di hari berikutnya.

Jika kalian mengalami hal seperti ini, kalian bisa mencoba tips sederhana yang dikutip dari foxnews dan detikcom. Berikut adalah Tips Minum Kopi Agar tidak Susah Tidur:Tips Minum Kopi Agar tidak Susah Tidur1. Ciptakan suasana yang tenang
Di bawah pengaruh kafein, tubuh membutuhkan usaha lebih keras untuk bisa jatuh tertidur. Agar lebih mudah, sebisa mungkin jangan sampai ada benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian seperti pesawat TV, komputer, ponsel serta video game di kamar tidur.
Meski benda-benda tersebut sudah disingkirkan, kadang-kadang masih ada suara berisik yang memang sulit dihindari seperti bunyi kulkas atau suara kucing yang sedang berkelahi. Suara berisik semacam ini bisa dinetralkan dengan CD atau kaset berisi bunyi-bunyian yang menenangkan atau sering disebut 'white noise' seperti suara ombak di pantai atau hembusan angin menerpa pohon pinus di pegunungan.
2. Lakukan gerakan-gerakan ringan
Berbagai penelitian membuktikan olahraga secara teratur bisa mengatasi gangguan susah tidur. Namun dalam kondisi darurat ketika butuh segera tidur, olahraga ringan yang dilakukan sekali waktu juga bisa membantu menetralkan efek kafein akibat kebanyakan minum kopi.
Lakukan gerakan-gerakan kalestenik atau tanpa alat, misalnya push up atau jumping jacks (meloncat-loncat sambil melakukan gerakan buka-tutup dengan kaki dan tangan). Jangan berlebihan, karena jika terlalu banyak keringat yang keluar maka tubuh akan terasa tidak nyaman dan semakin susah tidur.
3. Minum segelas susu hangat
Segelas susu hangat banyak mengandung triptofan, sejenis protein yang di dalam tubuh akan diubah menjadi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan rasa kantuk sebelum seseorang bisa jatuh tertidur.
Sepotong roti untuk menemani susu hangat juga bisa membantu, karena kandungan karbohidrat di dalamnya akan merangsang insulin yang bisa meningkatkan efek triptofan. Pilih roti yang tidak terlalu manis, karena lebih berisiko memicu kegemukan.
4. Lakukan relaksasi mental secara aktif
Jika ketiga cara di atas sudah dilakukan tetapi belum juga bisa tidur, lakukan relaksasi secara aktif. Salah satunya dengan memalingkan pandangan mata dari jam dinding atau sejenisnya yang akan mengingatkan bahwa malam semakin larut karena dampaknya justru akan semakin gelisah.
Cara berikutnya adalah duduk senyaman mungkin sambil membaca majalah yang isinya artikel-artikel ringan dan menghibur. Bisa juga dengan langsung berbaring di ranjang, menutup mata lalu berkonsentrasi penuh membayangkan obyek yang menenangkan misalnya suasana air terjun di pegunungan.
Demikian mengenai Tips Minum Kopi Agar tidak Susah Tidur semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.

Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips Minum Kopi Agar tidak Susah Tidur"

Posting Komentar