50 Fakta Unik Mengenai Darah

50 Fakta Unik Mengenai Darah
50 Fakta Unik Mengenai Darah - Darah manusia adalah cairan berwarna merah di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.

Ternyata darah memiliki banyak fakta unik yang masih banyak orang belum tahu lho. Mau tahu fakta unik apa saja mengenai darah. Berikt adalah 50 Fakta Unik Mengenai Darah, yang dikutip dari detik.com :


1. Volume darah orang dewasa diperkirakan sekitar 8 persen dari berat badan. Sementara itu anak dengan bobot sekitar 36 kg memiliki volume darah orang dewasa.
2. Tahukah kamu kalau manusia itu megandung emas? Yah, walaupun tidak terlalu signifikan, namum tubuh manusia mengandung sekita 0,2 miligram emas. Kandungan emas yang paling banyak terdapat di darah.
3. Beberapa ahli percaya kalau air kelapa dapat dijadikan sebagai bahan pengganti plasma sarah karena memiiki sifat identik. Sebagian juga berpendapat cairan ini aman disuntikkan langsug ke dalam aliran darah manusia.
4. Wanita hamil memiliki sekitar 50 persen lebih banyak pasokan darah ketika masuk 20 minggu masa kehamilan, dari pada saat tidak hamil. Kondisi ini diperlukan untuk pasokan darah ke rahim dan plasenta.
5. Masalah emos ternyata dapat dilihat dari golongan darah seseorang. Misalnya pada orang dengan golongan darah AB, mereka akan dua kali lebih mungkin untuk mengalami masalah memori dari pada dengan orang bergolongan darah O.
6. Tahukah kamu kalau panjang pembuluh darah sekitar 96.540 km. Dengan panjangnya bisa cukup untuk mengelilingi bumi sammpai empat kali. Dan, selain itu jantung juga harus memompa sekita 2000 galon darah setiap harinya ke semua pembuluh darah.
7. Untuk Anda yang mengalami anemia, sebaiknya hindari minum kopi dan teh. Karena minuman ini  dapat menyerap zat besi di dalam tubuh. Lebih baik untuk mengonsumsi jus atau air buah-buahan yang kaya dengan vitamin C seperti jeruk.
8. Donor darah tidak akan membuat seseorang lemas. Karena darah hanya di ambil sekitar 250-500 cc saja. Jumlah itu tidak akan berpengaruh dengan jumlah darah yang sekitar 5000 cc.
9. Setelah donor darah, bukan suatu hal yang mustahil untuk tetap beraktivitas seperti biasa. Perlu diingat, bagi Anda yang setelah melakukan donor darah, maka sebaiknya harus mencukupi cairan dalam waktu 24 jam setelah donor darah dan harus menghindari beberapa hal seperti sinar matahari, mengemudi mobil lebih dari 2-3 jam, merokok selama 4 jam, dan konsumsi selama 24 jam.
10. Pada dasarnya semua orang boleh mendonorkan darahnya, mulai dari anak-anak,remaja, pria, dan wanita, sepanjang mereka memenuhi syarat sebagai pendonor darah. Namun untuk wanita, kondisi tertentu tidak boleh saat sedang hamil, menyusui, dan menstruasi karena kadar hemoglobin dalam darah akan menurun.
11. Meskipun siapa saja boleh melakukan donor darah, namun ibu menyusui tidak dianjurkan mendonorkan darah mereka. Hal ini karena dapat mempengaruhi tingkat cairan di dalam tubuh dan mempengaruhi pasokan ASI mereka.
12. Menyumbang darah tidak akan mempengaruhi berat badan tubuh Anda. Hal tersebut karena kegemukan terjadi karena jumlah kalorI yang masuk lebih banyak dari yang diKeluarkan.
13. Menjadi perokok bukan halangan untuk tetap mendonorkan darah. Bagi Anda yang merokok, tidak boleh merokok satu jam sebelum dan sesudah menyumbang darah.
14. Gejala-gejala yang ditimbulkan cenderung ringan seperti pusing hingga pingsan. Gejala ini akan semakin terasa ketika seseorang melakukan posisi dari duduk ke berdiri dan dari berbaring ke posisi berdiri. Hal semacam ini biasa disebut dengan hipertensi ortostatik.
15. Memang benar, donor darah bisa menularkan penyakit. Namun saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) telah mengikuti standar American Red Cross Blood Services. Para petugas PMI juga telah diberi pelatihan terlebih dahulu dan jarum yang digunkaan dipastikan steril dan sekali pakai saja.                                 

Jika Tidak Steril, Donor Darah Bisa Menularkan Penyakit
Memang benar, donor darah bisa menularkan penyakit. Namun saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) telah mengikuti standar American Red Cross Blood Services. Para petugas PMI juga telah diberi pelatihan terlebih dahulu dan jarum yang digunkaan dipastikan steril dan sekali pakai saja.
16. Bila dibiarkan, tekanan darah rendah dapat berakibat fatal untuk tubuh. Hal ini karena aliran darah ke organ-organ menjadi kurang memadai. Kondisi ini dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.
17. Donor darah ternyata dapat membakar sekitar 650 kalori untuk setiap liter darah yang didonorkan. Manfaat ini diperkirakan timbul dari penurunan kadar besi yang berfungsi untuk mempengaruhi seberapa kental tekstur darah.
18. Donor darah secara teratur dapat membantu Anda melancarkan aliran darah. Dengan begitu, donor darah dapat membantu seseorang untuk meminimalisasi kerusakaan pada lapisan pembuluh darah dan risiko penyumbatan arteri.
19. Seseorang yang rutin melakukan donor darah dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan store. Selain itu, mereka yang melakukan donor darah setidaknya satu kali dalam setahun dapat menurunkan risiko sakit jantung hingga 88 persen bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mendonorkan darahnya sama sekali.
20. Donor darah ternyata dapat membantu seseorang terhindari dari risiko kanker. Hal ini karena saat mendonor darah, kadar zat besi dapat mengalami penurunan sehingga menghindari berlebihan zat besi yang dapat memicu kanker pada seseorang.
21. Daging kambing bukan menjadi pemicu meningkatkan tekanan darah di tubuh. Melainkan nasi atau lontong yang ditambah dengan gula di bumbu menjadi pemicu tekanan darah meningkatka sehingga menimbulkan darah tinggi.
22. Dalam setiap tetes darah yang disumbangkan, maka tubuh akan kembali 'memproduksi' darah dalam jumlah yang sama. Ini berarti darah baru dengan kuantitas yang lebih baik akan bekerja di dalam tubuh. Dengan sel-sel darah yang lebih baru, bisa dipastikan metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih baik dibandingkan jika Anda tak pernah donor darah sebelumnya.
23. Gejala leukemia atau penyakit kanker darah ternyata sudah muncul sejak dalam rahim. Indikasi itu makin tersambung jika bayi yang dilahirkan memiliki bobot tubuh ekstrim alias terlalu kurus atau terlampau gemuk.
24. Untuk mencegah anemia saat datang bulan, cobalah mengonsumsi makanan kaya akan zat besi seperti daging merah, hati, dan ikan. Hal ini karena ketika haid maka akan banyak produksi darah yang dikeluarkan sehingga butuh 'input' lebih banyak untuk mengganti jumlah darah yang dikeluarkan.
25. Tidak hanya untuk melawan penyakit, sel darah putih ternyata bisa juga untuk menyembuhkan kebotakan pada seseorang. Ini disebabkan salah satu komponen sel darah putih memiliki peran besar dalam menumbuhkan kembali rambut yang sudah botak.
26. Hemofilia. Penyakit ini lebih banyak dialami oleh pria. Sedangkan pada wanita memiliki hanya sebagai pembawa dan penerus gen hemofilia saja.
27. Banyak yang tidak tahu bila penyandang hemofilia bisa hidup seperti orang biasa. Mereka bisa bekerja dan bermain walaupun harus mendapatkan suntikan faktor VIII dan IX.
28. Hemofilia merupakan penyakit genetika atau diturunkan oleh orang tua kepada anak sejak dilahirkan. Walaupun begitu, sekitar 30 persen penyandang Hemofilia tidak memiliki riwayat keluarga sehingga kondisi tersebut terjadi akibat mutasi genetika yang hingga kita belum mengetahui penyebabnya.
29. Tidak hanya bagus untuk kesehatan mata, vitamin A juga mampu meningkatkan jumlah sel darah merah. Selain itu, vitamin A dapat membantu mobilitas zat besi untuk dimasukkan ke dalam hemoglobin, pigmen yang mengangkut oksigen.
30. Walaupun memiliki gejala yang sama, anemia dan darah merupakan dua kondisi yang jauh berbeda. Darah rendah sendiri merupakan tekanan darah yang rendah atau lemah saat diukur berdasarkan tensi meter. Sedangkan anemia merupakan butiran darah yang berkurang.
31. Meningkatnya kekentalan darah akibat kelebihan hemoglobin (Hb) dan eritrosit dibarengi oleh peningkatan risiko penggumpalan darah. Akibatnya, orang yang memiliki darah kental lebih rentan mengalami serangan jantung, stroke, dan risiko fatal lain yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah.
32. Walaupun bukan menjadi penyebab utama, namun darah tinggi atau hipertensi membuat seorang pria mengalami impotensi. Hal ini karena adanya penyumbatan di pembuluh darah yang membuat penumpukan lemak sehingga membuat seorang pria mengalami impotensi.
33. Pasien hipertensi yang melakukan olahraga jalan dengan langkah cepat dapat membantu menurunkan tekanan darah hampir 8 mmHg per 6 mmHg. Latihan fisik seperti ini membantu penggunaan oksigen di jantung menjadi lebih efisien sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah.
34. Bernapas secara perlahan dan melakukan mediatsi seperti qigong, yoga, atau taichi bisa membantu menurunkan hormon stres yaitu renin, enzim pada ginjal yang meningkatkan tekanan darah.
35. Seseorang yang memiliki golongan O ternyata memiliki risiko hingga dua kali untuk menarik spesies seperiti nyamuk bila dibandingkan golongan darah lain. Selain itu, golongan darah O juga lebih berisiko terserang penyakit malaria, penyakit mematikan yang ditularkan oleh nyamuk.
36. Kacang-kacangan ternyata dapat membantu meningkatkan tekanan darah yang rendah. Hal tersebut karena kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh pencernaan sehingga membuat tekanan darah menjadi naik.
37. Berkurangnya jumlah cairan di tubuh turut mempengaruhi nilai tekanan darah. Oleh karena itu salah satu cara menaikkan tekanan darah dengan mengonsumsi air putih setidaknya 8-10 gelas perhari.
38. Folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah. Proses ini nantinya akan mempertahankan kelancaran aliran darah.
39. Protein hewani seperti daging ayam diyakini dapat meningkatakn tekanan darah. Hal tersebut karena tubuh membutuhkan protein untuk membangun sel, termasuk sel dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang lemah akan mempengaruhi aliran dan tekanan darah ke seluruh tubuh.
40. Masih saja orang yang percaya bila tekanan darah bukan sesuatu hal yang penting. Padahal, tekanan darah yang tidak dikontrol dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, jantung, dan ginjal pada tubuh Anda.
41. Bukan sesuatu hal yang sulit untuk mendeteksi dan mengontrol tekanan darah. Caranya cukup dengan mengubah gaya hidup menjadi sehat dan mengonsumsi obat tepat waktu bila diperlukan. Selain itu, jangan lupa juga olahraga teratur.
42. Saat udara dingin, hidung adalah bagian tubuh yang sangat cepat menerima rangsangan, berbarengan dengan telinga. Untuk mengatasi dingin yang berlebih, tubuh memiliki mekanisme mengirim banyak darah di rongga hidung. Hal ini dilakukan agar hidung tetap hangat. Namun dampaknya, ingus yang keluar jadi semakin banyak.
43. Banyak mengatakan jika mandi terutama pagi hari dapat membantu melancarkan peredaran darah. Nyatanya, hal tersebut tidak ada hubungan sama sekali. Bila hendak melancarakan peredaran darah, Anda bisa melakukan olahraga di pagi hari.
44. Selama hidup, jantung diperkirakan memompa sekitar 1,5 juta barel darah atau sekitar 200 tank besar darah.
45. Penyakit hepatitis B dan C ternyata dapat ditularkan melalui darah atau kompenen darah. Maka dari itu, untuk dilarang menggunakan alat-alat pribadi miliki pasien hepatitis B dan C seperti pisau cukur atau sikat gigi bila tidak ingin tertular.
46. Tidak benar bila ada yang mengatakan jika donor darah menyakitkan. Nyatanya, pendonor hanya merasakan sensasi seperti dicubit sedikit ketika jarum menusuk lengan.
47. Saat mengalir, sel darah mampu menyelesaikan perjalanan kurang dari 30 detik untuk mengaliri darah secara merata di pembuluh darah yang memiliki panjang puluhan ribu kilometer. Setelah itu darah kembali ke jantung untuk dipompa lagi hingga melewati paru-paru.
48. Meskipun setiap wanita memiliki jumlah yang beragam pada cairan menstruasi, umumnya total darah yang keluar saat datang bulan adalah beberapa sendok hingga satu cangkir.
49. Selain uterus, ternyata pendarahan bisa saja terjadi dibagian tubuh lain ketika wanita datang bulan, meskipun kemungkinannya sangat kecil. Misalnya di bagian mata, telinga, mulut, paru-paru, hidung, dan kulit.
50. Banyak yang mengatakan jika sakit kepala diartikan sebagai tekanan darah tinggi. Padahal, kondisi tersebut belum tentu tekanan darah tinggi.

Sakit kepala bisa disebabkan karena berbagai hal, meskipun salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Untuk memastikannya, segera konsultasi ke dokter Anda. 
Demikian mengenai 50 Fakta Unik Mengenai Darah, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "50 Fakta Unik Mengenai Darah"

Posting Komentar