Beberapa Hal yang Bisa Memicu Asma Kambuh

Beberapa Hal yang Bisa Memicu Asma Kambuh
Beberapa Hal yang Bisa Memicu Asma Kambuh - Asma merupakan salah satu penyakit peradangan kronik pada saluran pernafasan paru. Penyakit asma tidak bisa disembuhkan, namun dapat dicegah dengan menhindari pemicu asma kambuh. 

Saat serangan asma sedang terjadi maka penderita asma akan merasakan sesak nafas, batuk, mengi, atau nyeri pada dada. Dan apabila menderita asma yang berat dan tidak segera ditangani dengan segera maka bisa menyebabkan kematian.

Apa saja yang dapat memicu serangan asma?

Pemicu asma pada setiap orang berbeda-beda. Karena itu, setiap penderita asma harus mengethaui dan menghindari hal-hal yang dapat memicu serangan asmanya. Berikut adalah Hal yang Bisa Memicu Asma :

1. Tungau Debu

Tungau debu merupakan pemicu asma dan alergi lainnya paling sering. Tungau debu berukuran sangat kecil dan banyak ditemukan di lingkungan sekitar, terutama di tempat tidur, karpet, sofa, kelambu, dan sebagainya.

2. Asap Rokok

Asap rokok adalah salah satu penyebab asma kambuh yang paling sering, apalagi saat sedang ada ditempat umum. Dan apabila Anda adalah seorang perokok dan menderita asma, maka sebaiknya Anda berhenti merokok.

3. Pousi Udara

Polusi udara dapat memperparah kondisi asma, teutama asap kendaran, asap hasil pembakaran dan asap rokok. Asap tidak menyebabkan reaksi alergi, namun memicu serangan asma dengan mengiritas saluran nafas.

4. Binatang

Bulu dari hewan peliharan seperti kucing dan anjing juga bisa memicu terjadi gejala asma. Jika Anda ingin memelihara binatang, pastika peliharan Anad dimandikan setiap minggu untuk menghindari bulu-bulu yang rontok.

5. Makanan

Makanan seperti kacang, telur, ikan, atau zat pengawet/pewarna juga dapat memicu serangan asma pada orang alergi terhadap makanan tersebut.

6. Infeksi Virus

Infeksi virus seperti influenza/common cold sering kali memicu serangan asma pada penderita asma. Untuk mencegahnya, sebaiknya oennderita asma melakukan vaksi influenza setiap tahunnya.

Bagaimana pemicu tersebut dapat menyebabkan serangan asma?

Pemicu asma akan membuat peradangan pada saluran pernafasan semakin parah, sehingga terjadi penyempitan saluran nafas. Di waktu yang sama, tubuh akan memproduksi lendir lebih banyak yang dapat memperparah penyumbatan saluran napas. Akibatnya, udara/oksigen tidaak ddapat melewati saluran nafas kemudian timbul keluhan sesak dan bunyi mengi.

Maka dari itu, penting sekali bagi penderita asma untuk mengetahui apa saja yang bisa memicu kekambuhan sehingga dapat menghindarinya. Bila terjadi serangan, segeralah konsumsi obat rutin Anda. Bila keluhan tidak membaik atau dirasakan berat, sebaiknya langsung di bawah ke unit gawat darurat terdekat untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

Demikian mengenai Beberapa Hal yang Bisa Memicu Asma Kambuh, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Beberapa Hal yang Bisa Memicu Asma Kambuh"

Posting Komentar