4 Cara Cegah Wasir bagi Ibu Hamil

4 Cara Cegah Wasir bagi Ibu Hamil
4 Cara Cegah Wasir bagi Ibu Hamil - Wasir atau ambein merupakan salah satu masalah kesehatan umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh meningkatkan berat badan serta tekanan ekstrem pada uterus yang terjadi akibat pertumbuhan janin.

Berubahan komposisi tubuh ibu hamil juga berpengaruh terhadap sistem pencernaan, yang pada akhirnya membuat ibu hamil mudah mengalami sembelit dan menyebabkan wasir.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mencegah ibu hamil mengalami wasir? Berikut dari adalah ulasannya dari berbagai sumber :

1. Banyak Minum Air

Agar terhidar dari wasir, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan agar dapat mengurangi risiko terkena sembelit yang berujung pada wasir.

Untuk itu, rutinlah minum air putih sampai delapan gelas air untuk menghindari konstipasi. Minum air juga bisa membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Makan Serat

Serat sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Terutama saat hamil, perbanyaklah konsumsi biji-bijian, buah, dan sayuran mentah yang bisa memperlancar saluran cerna Anda sekaligus mencegah timbulnya wasir.

3. Peregangan dan Yoga

Sedikit peregangan dan gerakan yoga juga bisa membantu meningkatkan fungsi selauran cerna Anda. Untuk yoga, latihan pernapasan dan beberaoa latihan dasar bisa dilakukan di awal kehamilan. Tapi, Anda harus berhati-hati jika dalam melakukan gerakan perut terasa sakit.

4. Hindari Kebanyak Duduk

Untuk gerakan yang tepat maka usus pun harus bergerak. Oleh karena itu jangan terlalu lama duduk dengan posisi yang sama. Lebih baik lagi jika Anda secara rutin duduk lalu bergerak untuk menghindari sembelit. Misalnya, setelah duduk Anda kemudian berbaring, berjalan, berdiri, lalu duduk kembali.

Demikian mengenai 4 Cara Cegah Wasir bagi Ibu Hamil, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "4 Cara Cegah Wasir bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar