Akankah Gunting Molekuler Bisa Menyembuhkan Kanker?

Akankah Gunting Molekuler Bisa Menyembuhkan Kanker?
Akankah Gunting Molekuler Bisa Menyembuhkan Kanker ? - Saat mendengar kata kanker, pastinya bulu kuduk kita akan merinding. Karena kita berharap tidak akan terkena penyakit kanker, karena kanker adalah salah satu penyakit dengan jumlah kematian tertinggi.

Gen adalah unit dasar fisik dan fungsi dari setiap makhluk hidup. Setiap manusai memiliki dua gen, masing-masing dari kedua orangtua. Gen terbentuk sebagai urutan DNA di dalam setiap sel tubuh yang akan memberikan kode suatu protein.

Gen inilah yang membentuk ciri khas berbeda untuk setiap manusia. Gen yang bermutasi atau berubah dapat menyebabkan seseorang akan terkena kanker.

Terapi gen sudah mulai dipikirkan oleh para ahli tahun 1970-an. Terapi gen dilakukan dengan cara memindahkan DNA yang sudah dimodifikasi ke penerima. Pemindahan ini dilakukan dengan perantara vektor seperti virus ataupun bakteri. Pada tahun 1990, pemindahan gena pertama kali berhasil dilakukan terhadap pasien melanoma.

Banyak para peneliti yang melakukan uji coba untuk memodifikasi langsung gen itu sendiri. Pada tahun 2011, modifikasi gen secara langsung menjadi terbaik tahunan oleh Nture Methods. Penemuan CRISPR-Cas9 dari bakteri Streptococcus pyogenes  untuk modifikasi gen pada tahun 2013 memberikan prospek yang cerah. CRISPR-Cas9 disebut juga sebagai 'gunting molekuler'

Pada dasarnya metode ini adalah seperti imun sistem bakteri itu, yakni memberikan kekebalan tehadap materi genetik asing 'Gunting molekuler' ini dapat selektif membuang bagian spesifikasi yang tidak diinginkan atau berbahay, dan mengganti dengan bagian DNA. Hal ini dapay mengarahkan ke peyembuhan penyakit.

Peneliti dari Tiongkok sudah mengaplikasikan metode 'gunting molekuler' ini menyembuhkan penyakit. Dr. Zhiming Cai dan Tim berhasil menunjukkan berhentinya pertumbuhan dan mengecilkan tumot pada tikus. CRISPR-Cas9 menganting DNA yang berbahay dengan kode baru yang membunuh sel kanker. Proses ini tidak membhayakan untuk DNA yang sehat.

Metode CRISPR-Cas9 sudah berhasil menyembuhkan kanker pada Tikus. Penelitian pada pasien kanker akan segera dilakukan. Dan diharapakan bisa menolong jutaan penderita kanker di seluruh dunia.

Demikian mengenai Akankah Gunting Molekuler Bisa Menyembuhkan Kanker?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Akankah Gunting Molekuler Bisa Menyembuhkan Kanker?"

Posting Komentar