Pertolongan yang Harus Dilakukan Bila Digigit Anjing

Pertolongan yang Harus Dilakukan Bila Digigit Anjing
Pertolongan yang Harus Dilakukan Bila Digigit Anjing - Anjing adalah salah satu hewan yang paling dekat dengan manusia, bahkan anjing disebut-sebut sebagai best friendnya manusia. Tapi yang namanya hewan, tetaplah hewan, dia bisa marah saat naluri hewannya sedang muncul. Bisa saja suatu saat Anda akan digigit. Lalu apa yang harus dilakukan saat setelah digigit anjing ?

Gigitan anjing adalah kasus paling banyak yang terjadi didunia. Diperkirakan sekitar 90% kasus gigitan hewan disebabkan oleh anjing. Statistik di US memperkirakan bahwa 4.5 juta orang di US digigit oleh anjing setiap tahunnya. Setengah dari jumlah tersebut adalah anak-anak yang berusia antara 5-9 tahun. Menurut Centers for Disease Control (CDC), satu dari lima gigitan anjing tersebut (sekitar 27 ribu kasus) memerlukan pertolongan medis yang cukup serius.

Mungkin secara logika, anjing liar lebih mungkin mengigit manusia. Tapi nyatanya , data menunjukkan bahwa kejadian gigitan anjing lebih sering terjadi oleh hewan peliharaan milik sendiri atau orang yang dikenal oleh korban.

Berikut adalah yang harus dilakuan bila di gigit oleh anjing :

Pertolongan Pertama di Rumah

Setelah digigit anjing, segera luka gigitan bersihkan dengan air keran yang mengalir. Atau jika ada, menggunaka cairan infus steril. Setelah luka dicuci sampai bersih, oleskan cairan antiseptik seperti povidoniodin untuk meminimalkan infeksi. Anda juga dapat menggunakan salep antibiotik, lalu menutup luka dengan kain kasa steril dan perban.

Pengobatan oleh Dokter

Walaupun Anda berikir bahwa luka gigitan anjing tersbur kecil dan tidak memerlukan penanganan medis, jangan lupa mencai tahu, apakah anjing yang mengigit Anda mengalami rabies atau tidak. Apabila anjing tersebut sudah di vaksin rabies, maka kemungkinan besar Anda aman. Meskipun dengan begitu, disaranakan untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan antibiotik tambahan dan suntikan vaksin tetanus.

Apabila jika luka besar dan dalam, serat darah sukar berhenti, segeralah pergi ke klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Mecegah Gigitan Anjing

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika Anda berkeinginan untuk memelihara anjing, disaranakan untuk memilih jenis anjing yang bertemperamen lebih kalem. Apablia Anda berjalan kaki, usahakan untuk menghindari anjing liar yang ada di jalanan. Pastikan juga agar Anda tidak pernah meninggalkan anak-anak sendirian bersama anjing, tanpa pengawasan orang dewasa.

Jika ada tanda-tanda anjing mau mengigit Anda, jangan panik, tetap tenang, hindari anjing itu pelan-pelan dan jangan tatap mata si anjing.

Demikian mengenai Pertolongan yang Harus Dilakukan Bila Digigit Anjing , semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Pertolongan yang Harus Dilakukan Bila Digigit Anjing"

Posting Komentar