Psoriasis, Penyakit Kulit Bersisik

Psoriasis, Penyakit Kulit Bersisik
Psoriasis, Penyakit Kulit Bersisik - Psoriasis barang kalii akan terdengar sangat asing bagi kebanyakan orang. Tapi setidaknya, psoriasis mulai dikenal setelah artis Kim Kardashian mengaku terkena penyakit ini. Bertetapan dengan hari Psoriasus sedunia.

Psoriasis adalah penyakit kulit yang berakibat autoimun. Seperti penyakit autoimun lainnya, sehingga saat ini penyebabnya tidak diketahui pasti.

Tapi yang jelas terjadi pembelahan dan pematangan sel kulit yang lebih cepat dibanding sel kulit normal. Psoriasis ditandai dengan munculnya bercal merah bersisik. Ada berbagai jenis psoriasis berdasarkan bentuk dan luas penyebarannya, antara lain Psoriasis vugaris berupa plak, psoriasis gutata berbentuk tetesan, psoriasis inversa yang muncul dilipatan kulit, psoriasis pusstulosa yang berbentuk jerawat, dan psoriasis eritoderma, yaitu berwarna kemerahan dan bersisik di seluruh badan.

Psoriasis bersifat menahun. Artinya, pasien akan memiliki penyakit ini seumur hidupnya. Tetapi bisa terjadi remisi dan kambuh kemabli tanpa penyebab yang jelas. Dengan pengobatan yang tepat penyakit dapa dikontrol.

Dikutip dari situs WorldPsoriasisDay.com, prevalensi psoriasis di dunia mencapai 125 juta jiwa. Di Indonesia, belum ada data pasti pasien psoriasis. Namum, Departemen Kulit dan Kelamin RSCM/FKUI mencatat 71 kasus baru psoriasis tahun 2015. Penyakit inilebih sering ditemui pada usia 15-30 tahun.Akan tetapi, sekitar 10 persen muncul pada usia kurang dari 10 tahun.

Bukan Penyakit Menular

Psoriasis bukan penyakit menular. Hanya saja, pasien kerap merasa malu karena penyakit ini terlihat jelas di kulit. Meski bukan tergolong penyakit yang mematikan, psoriasis bisa berdampak pada kehidupan sosial ekonomi pasiennya.

Pasien bisa merasa kurang percaya diri, mengalami gangguan tidur, kesulitan kehidupan pekerjaan, hingga bisa saja menjadi depresi. Untuk itu, sangat dibutuhkan dukungan dari keluarga, orang terdekat, dan orang sekitar

Demikian mengenai Psoriasis, Penyakit Kulit Bersisik, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Psoriasis, Penyakit Kulit Bersisik"

Posting Komentar