Vaksin Dengue Bisakah Tangkal DBD?

Vaksin Dengue Bisakah Tangkal DBD?
Vaksin Dengue Bisakah Tangkal DBD? - DBD adalah salah satu penyakit paling sering menyerang saat sedang musim hujan seperti ini,karena nyamuk penyebab DBD akan berkembang biak dengan cepat. Indonesia adalah salah satu dari beberapa negara yang mempunyai kasus dengue paling tinggi di dunia.

Demam berdarah dengue saat ini sudah bisa dicegah dengan vaksinasi. Lalu seberapa berpengaruhkah vaksin ini bisa mencegah DBD?

Hasil penelitian yang dilakukan di beberaoa negara Asia dan Amerika Latin yang melibatkan 30.000 peserta menujukkan, kalau vaksin dengue yang yang ditemukan oleh Sanofi Pasteur mampu menurunkan angka infeksi sampai 65 persen, angka perawatan di rumah sakit turun hingga 80 persen, dan kasus dengue bisa turun sampai 92 persen.

Menurut Prof Sri Rezeki Handinegoro, SpA, vaksin ini ditunjukan untuk individu berusia 9-16 tahun "Hasilnya konsisten pada kelompok umur ini. Memang tidak ada vaksin yang mempu melindungi sampai 100 persen, tetapi kalau bisa melidungi dua pertiga kasus, manfaat besar sekali," ujarnya.

Dia menambahkan, sepeti halnya vaksin untuk penyakit lainnya, meski seseorang sudah divaksin, kemungkinan terkena penyakit pun masih ada, tetapi akan jauh lebih ringan.

Vaksin ini diberikan dalam tiga dosis dengan interval setiap 6 bulan. Vaksin ini juga mampu melindungi seseorang dari empat stereotipe virus dengue.

Efek samping pemberian vaksin ini menurut Sri tergolong ringan, yaitu nyeri di tempat suntikan, bengkak, dan kemerahan. Selain itu, orang yang mendapat vksin juga mengalami demam, sakit kepala, dan nyeri otot.

"Setiap vaksin hidup akan menimbulkan gejala yang sama seperti penyakitnya, misalnya saj pada vaksin campak, tetapi gejalanya sangat ringan," katanya.

Joko Murdianto, General Manager Sanofi Pasteur, mengatakan, vaksin ini sudah didistribusikan ke seluruh Indonesia mulai September. "Jika ada dua pertiga populasi yang terhindar gejala klinis, manfaat vaksin ini sangat besar bagi kesehatan masyarakat," kata dia.

Demikian mengenai Vaksin Dengue Bisakah Tangkal DBD? Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Vaksin Dengue Bisakah Tangkal DBD?"

Posting Komentar