Waspadai Nyamuk Penyebar DBD

Waspadai Nyamuk Penyebar DBD
Waspadai Nyamuk Penyebar DBD - Deman dengue atau biasanya banyak orang menyebut dengan DBD merupakan salah satu penyakit yang paling sering ditakuti saat musim hujan seperti ini. Sebab, DBD termasuk salah satu penyakit yang bisa mengacam jiwa.

Kebanyakan orang hanya tahu kalau penyebab DBD adalah nyamuk Aedes aegypti. Padahal nyamuk yang terinfeksi virus dengue juga bisa menularkan virus tersebut kepada manusia yang nantinya bisa berkembang menjadi DBD.

"Nyamuk yang awalnya tidak terinfeksi virus mengigit orang yang telah terinfeksi virus dapat terinfeksi," kata Sri Rezeki S. Hadinegoro, Ketua Indonesian Tecnical Advisory Group on Immunization (ITAGI), dalam konfersi pers pengumuman vaksin dengue pertama di dunia yang kini telah tersedia di Indonesia.

"Karena nyamuk buth darah untuk berkembang biak, nyamuk yang akhirnya terinfeksi tersebur kembali mengigit orang lain. Maka terjadilah masa inkubasi intrinsik di dalam tubuh orang tersebut. Orang itu pun tertular virus dengue," ucapnya.

Nyamuk Aedes aegypti dan nyamuk macan asia merupakan dua jenis nyamuk yang bisa membawa virus tersebut. Meskipun dua jenis nyamuk tersebut bisa berkembang biak sepanjang tahun, perkembanganbiakan keduanya meningkat pada musim hujan.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah terkena DBD? Berikut adalah cara yang bisa di praktekan dengan mudah untuk mencegah DBD.

- Hentikan Perkembangbiakan Nyamuk
Dengan membesrihkan genangan air, menutup wadah penyimpanan air dengan penutup yang rapat, dan mengelola limbah dengan baik.

-Gunakan Pakaian yang Menutup Kulit
Gunakanlah pakaian yang menutup seluruh kulit Anda, terutama saat Anda sedang akan pergi tidur. Dan obat antiserangga ketika sedang di luar ruangan.

- Tidurlah di dalam Kelambu
Gunakan obat nyamuk ketika pada pagi atau sore menjelang malam hari, karena umumnya nyamuk pembawa virus dengue lebih aktif pada waktu tersebut.

Ingatlah kalau mencegah lebih baik dari pada mengobati, lebih baik mencegah agar tak terkena DBD.

Demikian mengenai Waspadai Nyamuk Penyebar DBD, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Waspadai Nyamuk Penyebar DBD"

Posting Komentar