Awas, Keseringan Minum Susu Sampai, Ini Efek pada Gigi

Awas, Keseringan Minum Susu Sampai, Ini Efek pada Gigi
Awas, Keseringan Minum Susu Sampai, Ini Efek pada Gigi - Minum susu sebelum tidur lumrah dilakukan anak-anak. Tapi jangan lupa, setelah minum susu biasakan si kecil menyikat gigi, sebelum mereka pergi tidur.

menjadi hal yang wajib bagi anak untuk menyikat giginya sebelum tidur. Namun, jika mereka terbiasa minum susu, sediakan jeda waktu 15 sampai 30 menit sebelum menyikat gigi.

Sebab, ketika gigi kontak dengan makanan, segala macam plak terbentuk dan saat itu, kadar asam pada gigi tinggi. Berdasarkan penelitian, jika langsung menyikat gigi setelah makan, bisa membuat lapisan email gigi larut hingga mudah terjadi karies gigi.

Lagipula kalau anak habis makan langsung sikat gigi bisa ada risiko muntah. Di kita juga seringnya kan anak diberi susu sebelum tidur, terus anaknya ketiduran. Padahal itu pola feeding yang salah dan sering terjadi di masyarakat kita.

Akibatnya risiko gigi berlubang makin besar. Apalagi, tengah malam bangun, minum susu lagi, tidur lagi. Kalau bayi, menyusu di malam hari, idealnya memang kemudian dibersihkan rongga mulutnya oleh ibu. Pakai kasa dililit di tangan pakai air hangat matang.

Ketika anak terbiasa minum susu di tengah waktu tidurnya. Sebetulnya, ketika anak sudah mendapat makanan padat, susu hanyalah pelengkap saja. Maka dari itu, amat dianjurkan setelah anak berusia 1 tahun, mereka tidak lagi bangun malam untuk minum susu.

Kerusakan gigi pada bayi dan anak-anak yang usianya sangat muda akibat lekatan asupan manis dan bergula seperti susu atau jus buah disebut dengan nursing caries, baby bottle caries, atau early childhood caries. Pelekatan ini umumnya terjadi dalam waktu lama, seperti saat malam hari.

Demikian mengenai Awas, Keseringan Minum Susu Sampai, Ini Efek pada Gigi, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Awas, Keseringan Minum Susu Sampai, Ini Efek pada Gigi"

Posting Komentar