Berapa Usia Terbaik untuk Hamil?

Berapa Usia Terbaik untuk Hamil?
Berapa Usia Terbaik untuk Hamil? - Mempunyai momongan adalah sebuah impian Indah untuk seorang keluarga, Tapi yang masih menjadi pertanyaan adalah, berapa usia yang baik untuk hamil?

Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa usia ideal untuk hamil bagi wanita adalah 20 hingga 35 tahun. Kehamilan yang terjadi di bawah usia 20 dan diatas 35 tahun tidak dianjurkan, karena kurang baik untuk kesehatan.

Untuk usia di bawah 20 tahun, organ reproduksi wanita yang biasa belum matang. Demikian juga kondisi psikologisnya. Selain itu untuk hamil terlau mudah juga akan menghambat karier dan pekerjaan si calon ibu kalo memang hamil di bawah usia 20 tahun.

Sebaliknya, meskipun rata-rata wanita di atas usia 35 tahun telah memiliki kondisi kejiwaan dan finansial yang mapan, kondisi fisik mereka umumnya kurang memungkinkan untuk mengandung. Risiko kesehatan bagi ibu dan bayi akan lebih tinggi pada kelompok umur ini.

Usia Biologis Wanita Berjalan Terus
Pada waktu dilahirkan, bayi perempuan memiliki 5 juta sel telur di dalam indung telurnya. Jumlah ini akan menurun drastis menjadi 500 ribu saat ia mendapat haid pertamanya.
Seiring dengan bertambahnya usia, jumlah sel telur ini akan terus menurun. Di usia 37 tahun menjadi 25 ribu dan 1.000 menjelang menopause atau mati haid.

Tidak hanya jumlah sel telur yang menurun seiring dengan pertambahan usia, tetapi kualitasnya pun ikut mengalami penurunan. Itulah sebabnya, usia terbaik untuk hamil memang pada usia antara 20 sampai 35 tahun, karena pada masa itu wanita dalam keadaan yang subur.

Tidak hanya kesuburan yang lebih tinggi di masa tersebut. Kondisi fisik wanita di masa prima juga memungkinkannya untuk menjalani kehamilan dengan lebih baik. Risiko mengalami penyakit dalam kehamilan (diabetes, hipertensi, dll), keguguran, berat badan bayi lahir rendah, dan cacat pada bayi pun akan lebih rendah.

Sementara itu, wanita yang berusia di atas 35 tahun lebih sulit hamil dan berisiko lebih tinggi mengalami masalah dan penyakit dalam kehamilan. Begitu juga dengan risiko keguguran dan kecacatan pada bayi (autisme, sindrom Down, dan kelainan bawaan lainnya).

Menurut berbagai penelitian yang dilakukan, usia terbaik bagi wanita –siap secara mental dan finansial– untuk memiliki anak pertama adalah 26 hingga 35 tahun. Para ahli menganggap bahwa di usia tersebut, fisik dan kesuburan wanita masih prima, sementara wanita pun sudah lebih matang dalam hal mental dan finansial.

Demikian mengenai Berapa Usia Terbaik untuk Hamil?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Berapa Usia Terbaik untuk Hamil?"

Posting Komentar