Cara Meningkatkan Hormon Serotonin untuk Menghindari Stres

Cara Meningkatkan Hormon Serotonin untuk Menghindari Stres
Cara Meningkatkan Hormon Serotonin untuk Menghindari Stres - Keseimbangan kadar hormon serotonin ternyata berperan dalam menghindari seseorang dari terkena depresi dan bermanfaat dalam mengelola mood positif.

Hormon serotonin adalah hasil dari proses koversi kombinsi tritopan dengan tritopan hidroksilase. Selain dikenal sebagai hormon, serotonin yang diproduksi di usus dan otak ini, dipercaya berperan sebagai pembawa sinyal antarajaringan saraf (neurotransmiter).

Kadar hormon serotonin pada wanita disebut-sebut lebih sedikit dibandingkan pada pria sehingga wanita lebih mudah terserang depresi dibanding dengan pria. Perbedaan ini dilatarbelakangi oleh perebedaann reaksi terhadap berkurangnya kadar serotonin. Beberapa bukti juga menemukan bahwa serotonin akan berinteraksi dengan hormon perempuan sehingga berisiko memperburuk gejala pramenstruasi.

Selain berdampa pada mood kita, sebagai neurotrannsmitter, hormon serotonin juga akan berdampak kepada fungsi oran lain, seperti saluran pencernaan pembekuaan darah, kepadatan tulang, mual, dan fungsi seksual.

Hormon Serotonin Menjauhkan Depresi

Banyak peneliti percaya kalau hormon ini bisa menjauhkan dari depresi. Keseimbangan kadar hormon serotonin akan memengaruhii meed yang selanjutnya berperan memicu atau meredakan depresi Namun daripada mengonsumsi obat-obatan antidepresan yang dapat mendatangkan efek samping, lebih baik gunakan cara-cara alami untuk mengelola agar kadar hormon tetap stabil.

Memang tidak ada makanan yang dapat mendongkrak kadar hormon serotononin secara langsung, tetapu hubungan antara serotonin dan triopan memberi bukti nyata bahwa makanaan ternyata memang memengaruhi mood seseorang.

Memilih makanan sehat yang tinggi triropan disertai makanan berkarbohidrat adalah cara terbaik untuk mendapatkan piliha menu sesuai dalam meningkatkan hormon serotonin. Utamakan makanan karbohidrat seperti oatmeal dan roti gandum utuh. Selain makanan berkarbohidrat, dibawah ini adalah makanan kaya tritopan yang diduga dapat meningkatkan kadar serotonin.

 - Telur. Protein yang terdapat dalam telur dapat meningkatkan kadar plasma darah tritopan sehingga sehat untuk dikonsumsi harian. Tritopan dan tirosin dalam kuning telut juga berperan sebagai antioksidan.

- Tahu kaya akan tritopan yag juga tepat bagi mereka yang memilih menjadi vegetarian.

- Salmon dapat dilah menjadi berbagai menu menarik yang juga tinggi akan tritopan.

- Keju dapat dipadukan ke dalam berbagai makanan ringan maupun makanan utama untuk memabntu meningkatkan kadar serotonin tubuh.

- Kacang-kacangan dan Biji-biji, selan kaya vitamin, antioksidan ternyata mengandung tritopan yang dapat membantu menangani gangguan pernapasan serta mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

- Daging Kalkun, meskipun jarang dikonsumsi oleh orang Indonesia, daging kalun juga menjadi salah satu sumber tritopan yang baik dikonsumsi.

Disamping konsumsi makanan sehat, peneliti menemukan bahwa berolahraga secara teratur di luar ruangan tidak hanya dapat membuat tubuh kita menjadi sehat saja, tetapi juga bisa untuk memperbaiki mood kita. Membiarkan tubuh kita terkena sinar matahari pagi juga bisa meningkatkan kadar hormon serotonin. Satu lagi, cara unik dalam meningkatkan kadar hormon serotonin adalah dengan memiasakan diri selalu berpikir positif.

Demikian mengenai Cara Meningkatkan Hormon Serotonin untuk Menghindari Stres, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Meningkatkan Hormon Serotonin untuk Menghindari Stres"

Posting Komentar