Insomnia bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit

Insomnia bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit
Insomnia bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit - Insomnia adalah kesulitan untuk memulai tidur maupun mempertahankan tidur, misalnya sering terbangun di malam hari. Ada insomnia yang terjadi hanya beberapa hari, tetapi ada juga yang terjadi jangka panjang atau kronis.

Gangguan tidur ini tak bisa dianggap sepele. Jika insomnia dibiarkan berlangsung terus-menerus, bisa mengundang berbagai penyakit.

Tidur adalah proses biologis aktif, di mana hormon-hormon tertentu diproduksi saat tidur. Ada hormon melatonin atau hormon tidur yang banyak disekresi oleh tubuh pada malam hari saat tidur.

Lalu ada hormon pertumbuhan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang dan hormon untuk memerbaiki sel-sel tubuh yang rusak setelah digunakan seharian. Saat tidur, tubuh, termasuk otak beristirahat dulu.

Jadi kalau tidak dapat tidur, pasti akan menimbulkan kekacauan, sehingga daya tahan tubuh turun. Akibatnya mudah terkena penyakit karena proses biologis yang tidak sempurna.

Dengan demikian, insomnia yang membuat seseorang kurang tidur bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, jantung, hingga gangguan mental.

Astuti memaparkan, saat kurang tidur, hormon grelin dan leptin juga menjadi tidak seimbang. Produksi leptin atau hormon yang menekan napsu makan akan lebih sedikit diproduksi dibanding grelin atau hormon napsu makan.

Kalau grelinnya meningkat, nafsu makan akan meningkat, bisa obesitas, gangguan metabolik, gangguan lipid, lalu insulin yang diproduksi sel pankreas enggak berkualitas sehingga tidak bisa mengolah gula yang kita makan masuk ke sel, risiko diabetes jadi lebih tinggi.

Kurang tidur, bisa menimbulkan reaksi inflamasi dan degenerasi sel lebih cepat sehingga memicu munculnya berbagai penyakit yang menyerang organ-organ di tubuh, seperti jantung hingga ginjal.

Demikian mengenai Insomnia bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Insomnia bisa Menyebabkan Berbagai Penyakit"

Posting Komentar