6 Penyebab Sering Kebelet BAB

6 Penyebab Sering Kebelet BAB
6 Penyebab Sering Kebelet BAB - Menahan BAB sebentar karena sedang tidak dekat dengan toilet adalah hal biasa yang dilakukan oleh banyak orang. Tapi ada beberapa orang yang tak bisa menahan buang air besar. Lalu apa penyebabnya orang dewasa tak bisa menahan buang air besar?

Buang air besar adalah aktivitas alami yang harus dilakukan manusia untuk mengeluarkan kotoran dari tubuh manusia. Normalnya buang air besar terjadi sadat, karena terdapat otot-otot pada dinding anus, otot pada anu, dan saraf yang berperan menahan tinja agar tidak keluar.

Namun pada orang dewasa ada kalanya buang air tanpa disadari, dan ini merupakan kondisi yang tidak normal. Pada orang dewasa ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar dinamakan inkontinesia alvi. Gangguan ini menyebabkan pengeluaran kotoran tidak bisa tahan keluar.

Nah, ini adalah kondisi dimana orang dewasa bisa tak bisa menahan BAB atau yang disebut dengan inkontinensia alvi :

1. Diare

Pada saat orang diare, biasanya perut akan mulas sehingga orang tidak dapat mengontrol pengeluaran kotoran yang konsisten berubah menjadi cair. Ini menyebabkan kotoran dapat keluar kapan saja tanpa disadari.

2. Kerusakan Otot Anus

Saat terjadi kerusakan pada otot anus, yang sesungguhnya berfungsi untuk menahan agar kotoran tidak keluar. Ototmatis jika ada kerusakan pada otot anus tersebut, akan mudah bocor keluar.

3. Kerusakan Saraf Anus

Kerusakan saraf anus bisa diakibatkan oleh proses melahirkan, stroke, cedera tulang belakang, penyakit diabetes, dan multiple sclerosis.

4. Efek Samping Operasi di Sekitar Anus

Operasi yang dilakuakan disekitar anus bisa menimbulkan efek samping, seperti kerusakan saraf disekitar anus atau luka dinding anus. Hal ini bisa membuat anus menjadi kaku, dan kemampuan anus untuk menyimpan kotoran mnjadi terganggu sehingga mudah keluar.

5. Peningkatan Usia

Semakin tua seseorang kemungkinan untuk mengalami inkontinesia dapat terjadi. Hal ini dikarenakan mulai melemahnya otot-otot dan saraf yang berada disekitar anus untuk menahan pengeluaran tinja.

6. Pasca Melahirkan

Wanita lebih sering mengalami inkntinesia tinja. Terutama pada wanita yang pasca melahirkan dengan jalan normal dan mendapatkan tindakan episiotomi (sayatan pada perineum, yakni bagian antara jalan lahir dan anus).

Demikian mengenai 6 Penyebab Sering Kebelet BAB semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "6 Penyebab Sering Kebelet BAB"

Posting Komentar