Ini yang Harus Dilakukan Saat Kepala Terbentur

Ini yang Harus Dilakukan Saat Kepala Terbentur
Ini yang Harus Dilakukan Saat Kepala Terbentur - Anak-anak sangat senang sekali kalau urusan bermain, mereka lari sana lari sini sesuka mereka tanpa memperdulikan di sekitar mereka. Jatuh dan terbentur sebenarnya hal biasa untuk anak, karena aktivitas mereka. Nah, jika ini terjadi, apa yang akan Anda lakukan selanjutnya? Membuarkan saja, atau langsung membawa ke rumah sakit?

Kepala terbentur merupakan suatu kondisi yang cukup sering terjadi pada usia anak-anak. Ini karena kepala adalah bagian tubuh, yang di dalamnya terdapat otak untuk mengatur fungsi tubuh. Pada anak, terutama bayi, struktur tulang tengkorak belum sekeras milik orang dewasa. Inilah sebabnya Anda perlu hati-hati dalam menjaga anak untuk menghindari benturan atau cedera di kepala.

Jika anak Anda mengalami luka di kepala akibat terbentur, ini yang harus dilakukan :

1. Jangan Panik

Hal pertama yang musti dilakukan adalah jangan panik. Ini karena akan membuat pikiran Anda menjadi blank, sehingga tidak mampu bertindak dengan benar. Karenanya, usahakan tetap tenang saat mengahadapi situsi seperti ini.

2. Pindah Anak ke Tempat Aman

Jika anak terbentur di tegah jalan atau di tempat umumnya lainnya, segera pindahkan anak Anda ketempat yang aman dan datar, dan tidak banyak orang. Ini penting di lakukan untuk menunjang keselamatan Anda dan anak.

3. Perhatikan Kesadaran Anak

Saat kepala anak tebentur periksa kesadaran anak apakah pingsan atau tidak. Cara dengan cara memanggil namanya dan menggoyangkan tubuhnya.

4. Jika Tidak Sadar, Segera Periksa Pernapasannya

Jika anak tidak sadar, yang perlu Anda lakukan jangan panik, buka jalan napas dan nilai pernapasannya selama 10 detik. Jika tidak kunjung bernapas, berikan nafas buatan sebanyak 5 kali. Lalu kemudian lanjutkan dengan kompresi dada sebanyak 30 kali, diikuti dengan bantuan napas 2 kali, sembari melakukan itu, sebaiknya minta bantuan disekitar Anda untuk memanggil Ambulans..

Jika Anak sudah sadar dengan baik, baringkan dengan posisi menyamping sembari tetap menghubungi ambulans. Ketika sudah sadar dan bernapas kembali, tetap bawa kerumah sakit untuk pemeriksaan.

5. Jika Anak Sadar, Periksa apakah ada Pedarahan

Jika terjadi perdarahan, segera lakukan pada bagian yang berdarah dengan tangan, sembari mencari perban atau kain untuk membalut luka. Kemudian lakukan balut tekan denngan perban atau kain apa pun untuk menghentikan perdarahan. Jika perdarahan berlanjut, bawa anak kerumah sakit.

6. Jika Tidak berdarah, Lakukan Kompres dengan es yang terbentur

Lakukan kompresi dengan batu es yang telah dibalut kain atau ice pack pada bagian kepala anak yang terbentur. Ini untuk mencegah pembegkakan. Baringkan anak dengan posisi kepala yang lebih tinggi.

Jika Anda sudah melakukan hal di atas saat anak Anda terbentur, dan jika dalam waktu 6 jam anak Anda mengalami mual, muntah dan pusing kepala, sebaiknya bawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan pertolongan.

Demikian mengenai Ini yang Harus Dilakukan Saat Kepala Terbentur, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ini yang Harus Dilakukan Saat Kepala Terbentur"

Posting Komentar