Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya - Kulit tangan karena adanya gesekan adalah hal yang normal terjadi. Tapi pada suatu kondisi, kulit mengelupas bisa saja dikarenakan gejala dari suatu penyakit yang serius.

Sebagai bagian terluar tubuh, dari hari ke hari kulit terpapar banyak hal, seperti sinar matahari, angin, hawa panas, kelembapan , hingga kekeringan. Hal ini dapat menyebabkan menyebabkan irtasi berulang yang dapat menyebabkan kulit termasuk kulit tangan mengelupas.

Kulit tangan yang megelupas, disebut juga dengan desquamation, secara alami terjadi ketika keratinosit terkelupas secara tidak sadar setelah lebih dai dua minggu. Normalnya hal ini terjadi tanpa kita sadari. Akan tetapi, kulit juga dapat mengelupas akibbat kondisi yang terlalu kering atau terlalu lama terkena sinar matahari, kondisi seperti ini pada umunnya akan dapat sembuh sendiri atau perawatn dengan produk yang dijual bebas.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika kulit tangan mengelupas bukan karena penyakit tertentu :

- Oleskan minyak wijen atau minyak gandum pada area kulit yang mengelupas setelah area tersebut dibersihkan dengan air. Pijat lembu area yang mengeluas, kedua jenis minyak ini mengandung tocopherols, tocotrienol dan vitmanin E yang dapat melembabkan permukaan kulit. Diamkan minyak sekitar 1 jam-an lalu setelah itu bersihkan dengan air.

- Kantong teh ternyata juga bisa digunakanan untuk menangani kulit tangan mengelupas. Teh mengandung antioksidan katekin asam tanat yang bisa membantu memperbaik kulit yang rusak. Olesakan kantong teh kelkulit Anda hingga meresap ke pori-pori kulit dan merasang pertumbuhan sel kulit baru.

- Beberapa buah mengandung cyanidin, pelargonidin, dan anthocyanin yang memoiki bahan antioksidan serta enzim memperbaiki kerusakan protein kulit. Anda dapat mencova mengoleskan potonga buah-buahan, seperti apel, pisang, stroberi, atau blackberry pada kulit tangan Anda.

- Oleskan salep antibakteri yang dijual bebas untuk menangani kulit tangan yag mengelupas akibat infeksi bakteri.

- Gunakan tabir surya tiap 6 jam sekali untuk membantu mengurangi risiko bahaya akibat sinar matahari pada kulit tangan yang sedang  mengelupas ketika beraktivitas di luar ruangan.

Kulit Tangan Menglupas Karena Penyakit
Namun ada kalanya kulit tangan mengelupas karena suatu penyakit dengan disertai gejala lain, seperti kulit kering, gatal, irirtasi hingga ruam kemerahan. Kulit tngan mengelupas dapat menjadi tanda-tanda penyakit, gangguan sistem kekebalan tubuh, hingga kerusakan langsung pada kulit akibat infeksi atau luka bakar. Situasi ini umumnya mengakibatkan hilangnya atau rusaknya permukaan kulit lapisan atas (epidermis) tanpa disengaja.

Berikut adalah kemungkinan penyakit yang dapat mengakibatkan kulit tangan Anda mengelupas, antara lain :

-  Kanker (termasuk efek kanker)

- Gangguan sistem kekebalan tubuh

- Infeksi, seperti infeksi jamur dan beberapa jenis staphylococcus

- Penyakit genetik, seperti sindrom pengelupasn acral

- Dermatitis kontak

- Kulit kering

- Athlete' foot

- Dermatitis Atopik

- Hiperhidrosis

- Psoriasis

- Demam Scarlet

- Infeksi cacing gelang

- Sindrom Steven-Johnson

- Sindrom Shock beracun

- Radiasi

- Penyakit Kawasaki

Kulit tangan mengelupas juga bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan. Salah satunya adalah penggunaan obat retinoid yang biasa dipakai untuk menangani jerawat. Segera periksakan diri Anda kedokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian mengenai Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar