Tips Jitu Agar Anak Rajin Sikat Gigi

Tips Jitu Agar Anak Rajin Sikat Gigi
Tips Jitu Agar Anak Rajin Sikat Gigi - Biasanya anak-anak sangat susah untuk diajak sikat gigi. Tapi sebenarnya, ada banyak yang bisa dilakukan agar ia tidak lagi malas menyikat gigi. Berikut di antaranya:  

Beri contoh yang benar
Orangtua merupakan figur ideal bagi anak. Apa yang Anda lakukan pasti akan ia tiru. Karena itu, berikan kesan pada anak bahwa sikat gigi adalah aktivitas yang menyenangkan.
Saat menyikat gigi bersama-sama anak, pasang wajah gembira. Jangan lupa, jelaskan padanya mengapa sikat gigi penting bagi kesehatan.

Gunakan boneka atau makanan
Saat berlatih menyikat gigi, biarkan anak Anda mengajak boneka atau mainannya yang memiliki gigi untuk pura-pura disikat. Jadi anak dapat berlatih sikat gigi sambil bermain.

Berikan hadiah kecil jika berhasil
Buatkan kalender dan siapkan sticker yang anak suka. Setiap selesai menyikat gigi, anak akan mendapatkan sticker untuk ditempel di kalender.

Simpan sticker tersebut di tempat yang tersembunyi sehingga sticker selanjutnya selalu menjadi kejutan yang ditunggu-tunggu. Jika sudah melengkapi selama 1 bulan, beri hadiah yang lebih besar –misalnya mainan yang ia inginkan.

Buat cerita ala superhero
Karanglah suatu cerita bebas tentang kuman yang menggerogoti gigi dalam mulut. Satu-satunya cara untuk membunuh kuman adalah dengan menyikat gigi.
Jadikan suasana seperti pertempuran antara kuman dan jagoan pembunuh kuman. Supaya lebih seru, pakaikan anak jubah-jubahan agar ia merasa seperti superhero betulan.  

Pasang musik favorit
Untuk mendampingi ritual sikat gigi, Anda dapat memasang lagu-lagu favorit anak. Dengan cara ini, ia tidak akan bosan dan menjadi lebih bersemangat untuk menyikat giginya.

Biarkan anak memilih sikat gigi
Banyak sekali tampilan sikat gigi maupun pasta gigi yang menarik. Ada gambar superheroes, boneka, dan sebagainya.

Biarkan anak memilih sendiri yang ia sukai. Tentunya, pilih sikat gigi dan pasta gigi yang khusus untuk anak-anak, ya!

Demikian mengenai Tips Jitu Agar Anak Rajin Sikat Gigi, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips Jitu Agar Anak Rajin Sikat Gigi"

Posting Komentar