Tips untuk Menjaga Rambut Tetap Panjang

Tips untuk Menjaga Rambut Tetap Panjang
Tips untuk Menjaga Rambut Tetap Panjang - Ada yang mengalami setelah potong rambut setahun lalu namun merasa panjang rambut segitu-gitu saja? Ingin rambut panjang? coba saja simak ulasannya di bawah ini.

Rambut di kulit kepala kita tumbuh sekitar 0,3 mm sampai 0,4 mm per hari, atau sekitar 15 cm per tahun. Kecepatan pertumbuhan rambut kita tersebut ternyata tergantung oleh beberapa hal seperti genetika, usia, dan tingkat hormon. Selain itu, rambut cepat panjang atau tidak juga dipengaruhi oleh apakah tubuh kita menderita anemia, atau, kekurangan zinc, kekurangan protein, dan apakah ada fluktuasi hormonal yang berhubungan dengan kehamilan, menopause, gangguan tiroid, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Jika kamu mau punya rambut cepat panjang yang indah berkilau, berbagai tips mudah di bawah ini bisa segera kamu praktikkan.

Mengonsumsi makanan yang bergizi

Menurut para ahli, mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang ada dalam daftar pertama jika ingin rambut cepat panjang. Makanan yang sehat akan memberikan semua nutrisi yang kamu butuhkan untuk rambut sehat. Rambut yang kekurangan nutrisi kemungkinan akan rapuh atau rontok.

Helai rambut sebagian besar terdiri dari protein, ini berarti rambut kamu membutuhkan protein untuk tumbuh dan cepat panjang. Nutrisi yang satu ini bisa kamu peroleh dengan makan daging sapi, daging ayam, ikan salmon dan jenis makanan laut lainnya, telur, susu, yogurt, kacang-kacangan, polong-polongan dan lain sebagainya.

Selain protein, masih banyak nutrisi lain yang bisa membuat rambut cepat panjang, yaitu karbohidrat (beras, oat, pasta, sereal), zat besi (hati, daging, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau tua, kuning telur, ikan berminyak), asam lemak omega-3 (tuna, sarden, salmon, makarel, teri), dan zinc (daging merah, kerang-kerangan, susu, roti, gandum, telur).

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin A (keju, telur, ikan berminyak, susu, yogurt, hati, buah berwarna kuning, sayuran berwarna hijau/merah/kuning), biotin (ayam, yogurt, susu, telur, sereal), vitamin C (jeruk, paprika, stroberi, brokoli, kentang), dan vitamin D (salmon, sardin, makarel, daging merah, hati, kuning telur) agar rambut cepat panjang.

Meskipun banyak tersedia vitamin rambut di pasaran, hal terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut kamu adalah dengan memilih makanan yang tepat. Kombinasi gabungan protein, buah, sayuran, gandum dan olahan hasil hewani setiap hari akan sangat membantu perawatan rambut kamu.

Jaga kelembapan rambut

Menjaga rambut tetap lebat sangat penting agar rambut tetap bisa elastis dan tidak mudah patah terutama di musim penghujan yang dingin. Aplikasikan masker rambut minimal 1-3 kali dalam seminggu. Jika rambut kamu tipe tebal atau kasar, akan lebih baik untuk menggunakan masker rambut sesering mungkin.  Pastikan bahwa kamu hanya menggunakan masker di ujung rambut dan menghindari bagian akar dan kulit kepala agar rambut kamu tidak berminyak.

Sarung bantal

Ternyata tidur juga memengaruhi pertumbuhan rambut kita. Gesekan antara rambut dan sprei atau sarung bantal bisa membuat rambut menjadi rusak. Untungnya, gesekan tersebut bisa diminimalkan dengan membungkus rambut menggunakan syal sutra ketika hendak tidur atau mengganti sarung bantal dari sutra.


Rambut cepat panjang memang diinginkan oleh banyak orang, tapi yang paling penting adalah rambut panjang yang juga sehat. Jika kamu kesulitan saat menginginkan rambut cepat panjang, konsultasikanlah dengan ahlinya.

Demikian mengenai Tips untuk Menjaga Rambut Tetap Panjang, semoga postingan kali inin bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips untuk Menjaga Rambut Tetap Panjang"

Posting Komentar