5 Fakta Unik Mengenai Donor Darah

5 Fakta Unik Mengenai Donor Darah
5 Fakta Unik Mengenai Donor Darah - Semakin maju teknologi di dunia ini, maka semuanya hampir bisa di desain ulang, dan diproduksi secara masal. Tapi ada beberapa hal yang tidak dapat diciptaka, salah satunya adalah darah. Yang ini berarti masih ada orang yang membutuhkan transfusi darah dari orang lain.

Tapi sayangnya, sumbangan yang ada masih belum cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan darah di berbagai tempat. Ini karena kebanyakan orang beranggapan kalau mendonor darah tidak memiliki manfaat, mereka malah justru berpikir kalau mendonor akan membuat mereka sakit.

Tapi faktanya malah sebaliknya, justru orang yang secara ruitn donor darah akan menjadi lebih sehat. Nah, berikut adalah fakta menarik yang mengenai donor darah yang harus Anda tahu yang bisa membuat Anda tertarik menyumbangkan darah Anda.

1. Menurunkan Risiko Kanker

Mendonokan darah ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa, dan ternyata bisa mengurangi risiko kanker. Zat besi, salah satu mineral utama dalam darah, dikenal dapat meningkatkan jumlah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa mendinirkan darah membantu mengurangi simpanan zat besi, sehingga mengurangi risiko kanker secara keseluruhan.

2. Baik untuk Jantung

Yang selanjutnya fakta mengenai donor darah adalah baik untuk jantung Anda. Aliran dan volume darah merupakan faktor penting menjaga detak jantung. Itu sebabnya, mendonor darah dengan teratur sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Menyumbang darah secara teratur dapat membantu mengurangi kekentalan darah, sehingga memungkinkan darah mengalir lebih meudah melalui pembuluh darah dan mencapai jantung dengan lebih cepat.

3. Menurunkan Berat Badan

Jika manfaat dari donor darah untuk kesehatan kurang memotiviasi Anda kurang cukup, maka bagaimana kalau fakta unik dari donor darah bisa membuat menurunkan berat badan.?

Menurut kesehatan LiveStrong, Anda bisa membakar sekitar 650 kalori dengan menyumbangkan satu kantung darah. Itu sama dengan yang dibakar jika Anda berlari selama 30 menit.

4. Seorang Pria Menyelamatkan Dua Juta Bayi

Jika satu orang rutin menyumbangkan darah seumur hidupnya, diperkirakan ia bisa menyelamatkan sekitar 1.000 jiwa. Ini adalah angka yang luar biasa.

Tapi, ada sesuatu yang lebih menakjubkan. James Harrison mampu menyelamatkam sekitar dua juta nyawa karena golongan darahnya yang langka.

Darah Harrison mengandung antibodi yang sangat tinggi yang dikenal sebagai imunoglobulin anti-D yang khusus digunakan untuk membantu bayi dengan penyakit Rhesus.


Singkatnya, sistem kekebalan tubuh para ibu dengan penyakit rhesus bisa menyerang janinnya sendiri. Namun, transfusi darah Harrison dapat mencegah terjadinya serangan itu.

5. Air Kelapa dapat Gunakan Sebagai Pengganti Darah

Menurut ABC Science, dalam keadaan darurat, profesional medis dapat menggunakan air kelapa sebagai alternatif pengganti plasma darah.

Meskipun plasma darah dan air kelapa tidak identik, air kelapa memiliki sekitar seperempatbelas jumlah natrium plasma darah dan tingkat kalium 10-15 kali lebih tinggi. Dalam khasus dimana tidak ada cairan infus tersedia untuk pasien dehidrasi, minum air kelapa bisa membantu.

Demikian mengenai 5 Fakta Unik Mengenai Donor Darah, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Fakta Unik Mengenai Donor Darah"

Posting Komentar