5 Kebiasan yang Bisa Memperburuk Infeksi Jamur pada Wanita

5 Kebiasan yang Bisa Memperburuk Infeksi Jamur pada Wanita
5 Kebiasan yang Bisa Memperburuk Infeksi Jamur pada Wanita - Bila ada seorang wanita mengalami infeksi jamur, satu-satunya hal yang setiap wanita merasa adalah untuk menyingkirkan dengan cepat-cepat. Tapi tanpa disadari karena ingin cepat-cepat menghilangkan jamur, justru malah memperburuk infeksi jamur itu.

Seperti yang dilansir dari thehealthsite, ada beberapa kebiasaan wanita yang justru memperburuk keadaan yang mungkin bisa menyebabkan lebih bahaya daripada sebelumnya. Berikut adalah ulasannya :

1. Mengenakan Celana Jeans Ketat

Iritasi pada organ intim dan gatal merupakan salah satu tanda umum dari infeksi jamur dan menggunakan jeans yang ketat bisa menghambat aliran udara ke organ intim. Hal ini juga bisa menyebabkan peningkatan kelembaban disekitar organ intim, yang bisa membuat jamur menjadi subur tumbuh.

2. Salah Jenis Pakaian

Apakah Anda tahu kalau tempat yang lembab adalah salah satu tempat yang disukai jamur untuk tumbuh? Mengenakan pakaian sintetis yang tidak memungkinkan aliran udara masuk bisa meningkatkan risiko infeksi. Sebaiknya pilihlah jenis pakaian dari bahan katun agar lebih baik.

3. Douching/ Mencuci Organ Intim

Menjaga kebersihan organ intim adalah hal yang penting untuk dilakukan, agar jamur dan bakteri tidak tumbuh. Douching adalah membilas atau mencuci vagina dengan cara menyemprotkan air atau cairan lain (seperti cuka, baking soda, atau larutan douching yang dijual bebas) ke dalam vagina. Air atau cairan tersebut diletakkan dalam botol kemudian disemprotkan ke dalam vagina melalui suatu tabung dan ujung penyemprot.

Tak hanya menjaga kebersihan organ intim wanita, tapi juga mengubah pH yang malah bisa membuat jamur dan bakteri tumbuh subur, dan bisa memperburuk keadaan.

4. Makan Makanan Manis

Menurut sebuah penilitian yang diterbitkan dalam journal PloS One, makan jumlah yang tinggi karbohidrat membuat Anda rentan terhadap infeksi jamur. Risiko bisa bertambah tinggi bagi penderita diabetes, karena adanya glukosa dalam urin.

5. Berhubungan Intim

Jika Anda sedang menderita infeksi jamur, maka sebaiknya menghindari dulu berhubungan intim. Infeksi jamur menyebabkan iritasi pada daerah vulva dan juga meningkatkan risiko penyebaran infeksi. Selian itu dapat juga ditularkan pada pasangan Anda.

Demikian mengenai 5 Kebiasan yang Bisa Memperburuk Infeksi Jamur pada Wanita, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Kebiasan yang Bisa Memperburuk Infeksi Jamur pada Wanita"

Posting Komentar