Mandi Setiap Hari Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Mandi Setiap Hari Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan
Mandi Setiap Hari Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan - Bagi kebanyakan orang mandi setiap hari adalah baik untuk kesehatan dan menyegarkan tubuh. Tapi tahukan kalian, kalau mandi terlalu sering tidak menurut riset baru-baru ini.

Menurut Genetic Science Centre di University of ultah, terlalu bersih dapat merusak mikrobiome manusi. Ini adalah sekumpulan bakteri virus dan mikroba yang hidup di tubuh kita.

Dan ternyata kuman-kuman ini bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian ini mengatakan menggangu ekosistem mikroba itu dapat menyebabkan penyakit. Akibatnya, sistem kekebalan dalam tubuh, pencernaan dan bahkan jantung juga ikut terganggu.

Studi terhadap desa Yanomami di Amazon mengugkapkan orang yang hidup disana memiliki kumpulan mikroba lebih kaya di kulit dan keragaman tertinggi bakteri dan fungsi genetik yang pernah dilaporkan dalam sekelompok manusia. Mereka bahkan memiliki bakteri yang membawa resistensi antibiotika kendati belum pernah berkontak dengan antibiotik.

Riset tersebut menyimpulkan gaya hidup yang memperkenalkan sabun dan sampo secara bermakan mempengaruhi keragaman mikrobiome manusia. Namun riset ini belum memberitahukan berapa kali mandi yang diperlukan.

Kendati pemikiran berhenti mandi terdengar tak menarik, beberapa orangg mencobanya. Contohnya James Hamblin, edito senior The Atlantic yang mencatat perjalannya berhenti mandi dalam artikel yang diterbitkan pada juni 2016.

"Awalnya, saya adalah makhluk berminyak yang bau," kata Hamblin. Tetapi tak lama sebelum tubuh mulai menyesuaikan diri.

"Beberapa saat kemudian ekosistem mencapai keadaan tetapp dan kita berhenti berbau. Artinya, kita tak bau seperti air mawar atau parfum tetapi kita berbau seperti manusia." ujarnya.

Demikian mengenai Mandi Setiap Hari Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Mandi Setiap Hari Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan"

Posting Komentar