Mempunyai Pasangan di Usia Tua Membuat Tulang Jarang Cedera

Mempunyai Pasangan di Usia Tua Membuat Tulang Jarang Cedera
Mempunyai Pasangan di Usia Tua Membuat Tulang Jarang Cedera - Memiliki Pasangan hidup tak hanya membuat kita menjadi bahagia dan nyaman, apalagi saat kita bisa memunyai pasangan sampai tua nanti. Penelitian dari Spanyol menyebut memiliki pasangan juga memengaruhi risiko mengalami cedera patah tulang pinggul.

Elena Lobo dari Department of Preventive Medicine and Public Health, Zaragoza University, Spanyol, melakukan penelitian kepada 4.803 lansia dengan rata-rata usia 73 tahun. Penelitian dilakukan untuk melihat apa saja faktor yang memengaruhi peningkatan atau penurunan risiko lansia mengalami cedera patah tulang pinggul.

Dari hasil penelitian tersebut, wanita lebih sering mengalami cedera tulang. Tapi bagi pria yang memiliki pasangan di usia yang sudah tua, maka risiko cedera tulang menjadi semakin kecil, begitu juga sebaliknya untuk wanita.

Pada wanita yang menikah dengan pasangannya lebih dari 30 tahun, risiko mengalami cedera patah tulang pinggul turun hingga 30 persen. Sementara pada pria efeknya lebih besar, risiko turun hingga 50 persen.

Penelitian ini juga menyebut faktor risiko mengalami cedera patah tulang pinggul pada pria dan wanita berbeda. Pada wanita, tidak bisa membaca dan depresi meningkatkan risiko masing-masing 50 dan 44 persen.

Sementara itu untuk pria, cedera tulang pada pria lebih sering karena kebiasaan buruk merokok, tak hanya itu ternyata cacat fisik juga bisa membuat pria lebih memiliki risiko cedera tulang menjadi lebih besar. Pada pria yang sering merokok mereka akan memiliki risiko 2 kali lipat cedera tulang, dan untuk yang cacat bisa memiliki risiko 3 kali lebih dari pada orang umumnya.

Dr Heike Bischoff-Ferrari dari Geriatrics and Aging Research Department, University Hospital Zurich, Swiss, mengatakan bisa jadi lansia yang tinggal dengan pasangan lebih terawat hidupnya. Dalam artian, pasangan ada untuk mengingatkan tidak merokok, membantu ketika mengalami cacat fisik hingga meredakan depresi.

"Satu lagi yang harus diingat adalah menjauhkan lansia dari benda-benda yang dapat membuatnya terjatuh. Terjatuh merupakan penyebab utama mengapa lansia sering mengalami cedera patah tulang pinggul," tukas Heike yang tak terlibat dalam penelitian.

Demikian mengenai Mempunyai Pasangan di Usia Tua Membuat Tulang Jarang Cedera, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Mempunyai Pasangan di Usia Tua Membuat Tulang Jarang Cedera"

Posting Komentar