Tanda Tahi Lalat yang Berbahaya

Tanda Tahi Lalat yang Berbahaya
Tanda Tahi Lalat yang Berbahaya -  Hampir semua orang mempunyai tahi lalat di bagian tubuh, entah di muka, ditangan, di kaki atau di punggung. Sebenarnya tahi lalat hal biasa terdapat pada tubuh manusia, tapi ada kalanya tahi lalat juga bisa menjadi pertanda adanya masalah yang lebih serius.

Namun demkian, ada beberapa tahi lalat yang merupakan bentuk dari melanoma atau kegenasan pada kulit. Tanda awal melanoma ini biasanya muncul tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang lama.

Tahi lalat yang tidak berbahaya pada umumnya berbentuk bulat dan oval rapi. Dan diameter biasa jarang melebih 6 mm. Beberapa perubahan yang dapat terjadi pada tahi lalat, termasuk perubahan ukuran, bentuk, warna, terjadi perdarahan, rasa gatal atau rasa nyeri yang data tiba-tiba.

Ada cara mudah untuk mengetahui, apakah tahi lalat yang terdapat ditubuh Anda itu berbahaya atau tidak? Adalah dengan cara menggunakan akronim ABCDE. Nah, berikut adalah pengertian dari akronim tersebut:

A - Asymmetrical (Asimetris)

Pada melanoma, umumnya didapatkan bentuk yang tidak simetris dan tidak beraturan. Berbeda dengan bentuk tahi lalat yang normal atau jinak, yang umumnya terbentuk bulat atau oval.

B - Border (Batas)

Batas atau pinggiran dari melanoma pada umumnya menonjo atau tidak teratur.

C - Color (Warna)

Pada tahi lalat yang jinak pada umumnya memiliki satu warna yang sama, tapi melanoma umunya memiliki campuran dari setidaknya dua warna yang sangat bisa di bedakan.

D - Diameter

Selain bentuk yang tidak beraturan, diameter dari melanoma umunya melebihi  mm.

E - Enlargement or Elevation (Pembesaran atau Elavasi)

Pada melanoma, umunnya gambaran tahi lalat membesar seiring berjalanya waktu. Terkadang juga didapati adanya penonjolan dari tahi lalat tersebut.

Tapi diagnosis hanya dapat dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Jika dokter menemukan hal yang mencurigakan, maka Anda akan langsung diminta untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jadi kalau Anda mempunyai tahi lalat, maka jangan langsung Anda abaikan, karena bisa jadi tahi lalat Anda itu sangat berbahaya. Sebaiknya lakukan pemeriksaan sendiri, dan jika ada sesuatu yang aneh dari tahi lalat Anda, maka sebaiknya cepat pergi kedokter untuk pemeriksaan.

Demikia mengenai Tanda Tahi Lalat yang Berbahaya, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tanda Tahi Lalat yang Berbahaya"

Posting Komentar