3 Bahaya Makan Sambil Tiduran

3 Bahaya Makan Sambil Tiduran
3 Bahaya Makan Sambil Tiduran - Saat badan sudah lelah dan pikiran sudah penuh dengan pekerjaan, maka yang harus dilakukan adalah bersantai ria. Dan bersantai paling afdol adalah dengan cara tiduran. Nah, ternyata saat sudah nempel tempat tidur maka untuk melakukan semua sesuatunya menjadi malas.

Terkadang dalam kondisi seperti ini kebanyakan orang akan membawa makanan ketempat dia bersantai, dan makan sambil tiduran. Kebanyakan orang berpikir kalau makan sambil tiduran adalah hal yang biasa dan tidak berbahaya apa-apa untuk kesehatan, tapi nyatanya kebiasaan ini sangatlah buruk untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah ulasan mengenai 3 Bahaya Makan Sambil Tiduran:

1. Membuat Asam Lambung Naik

Makan sambil tiduran adalah faktor risiko dari refluks asam lambung. Refluks asam lambung adalah kondisi dimana gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan rasa asam di bagian mulut dan rasa terbakar di bagian dada.

Diantara kerongkong sampai lambung ada sebuah klep yang mengatur lalu lintas pergerakan makanan, dan kerjanya dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Saat Anda makan dalam posisi tidur, maka gaya gravitasi akan melonggarkan klep dan ini akan membuat asam lambung kembali ketenggorokan.

Asam lambung bisa mengkikis lapisan dinding kerongkongan dan bisa menyebabkan luka di kerongkongan, dan ini bisa menyebabkan rasa sakit atau kesulitan saat menelan makanan. Asam lambung yang bocor menuju kerongkongan dapat menyebar ke telinga, hidung dan tenggorokan.

Selain itu makan dalam posisi tidur juga bisa menyebakan Anda menjadi batuk-batuk, bengek, cengukan dan bahkan tersedak muntahan makanan dalam kerongkongan, risiko ini bisa berakibat fatal sekali.

2. Bikin Perut Begah

Postur tubuh kita berpengaruh seberapa baik kita akan mencerna makanan. Biasanya tubuh akan mengatur proses ini dengan sangat hati-hati. Saat Anda makan dengan posisi duduk, maka lambung akan mengembang untuk menyesuaikan makanan yang masuk.

Setelah makanan sampai di lambung maka katup otot lambung (pyloric sphincter) memulai tugasnya untuk mengendalikan makanan. Ini dimulai dengan hanya membiarkan sedikit sampel makanan yang lolos ke dalam usus kecil, layak uji ombak. Setelah tes ini, tubuh dapat mengontrol seberapa cepat sisa makanan di lambung untuk mengalir ke usus.

Menurut Valeur, dokter residen senior di Rumah Sakit Diakonale Lovisenberg, kecepatan kerja sistem pencernaan akan tergantung pada isi perut. “Jika hanya air, tentu akan cepat dicerna. Tetapi jika terdiri dari banyak lemak, usus membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya,” dilansir dari Nordic Science.

Makan sambil tidur dalam memperlambat pergerakan makanan untuk menuju lambung setelah ditelan sehingga lama kelamaa menumpuk, yang pada akhirnya bisa memperlambat kerja sistem pencernaan. Stres yang diterima oleh sistem pencernaan ini membuat dinding bagian bawah. Akibatnya, tekanan besar ini mendorong makanan hingga mendesak gerbang katup lambung, yang memungkinkan kebocoran lebih banyak jumlah "sampel makanan" yang seharusny diterima di usus.

3. Kebiasan yang Buruk

Saat Anda makan dengan posisi tidur, maka Anda akan membahayakan kesehatan Anda, risiko seperti tersedak dan begah juga bisa mengkhawatirkan - Berat badan Anda juga bisa naik dengan drastis. Jadi usahakan saat Anda sedang bersantai dan ingin makan sesuatu maka jangan sambil tiduran.

Demikian mengenai 3 Bahaya Makan Sambil Tiduran, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "3 Bahaya Makan Sambil Tiduran"

Posting Komentar