6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asma

6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asma
6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asma - Sesak napas saat asma kumat memang sangat menyebalkan, maka dari itu pastinya tak yang mau mengalami asma. Sebab penyakit ini menghalangi beraktivitas dengan bebas.

Asma merupakan penyakit yang dapat dipicu oleh alergi tertentu, seperti debu, bulu binatang, stres dan iklim. Tak hanya itu, bahwa ada beberapa makanan yang bisa berdampak demikian?

Berikut ini adalah 6 daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asma :

1. Telur

Banyak orang yang alergi dengan telur, saat makan telur maka reaksinya dalah biduran yang paling sering. Alergi telur ini juga bisa memicu asma kambuh. Umumnya alergi telur terjadi pada anak-anak. Jika Anda alergi terhadap bahan makanan yang satu ini, sebaiknya Anda menghindari sama sekali.

2. Susu

Tak usah diragukan lagi kalau susu memang baik untuk kesehatan, namun ada sebagian orang saat mengonsumsi susu dapat memicu terjadinya serangan asma - seperti mengi, batu atau gejala gangguan penapasan lainnya.

Jika Anda alergi terhadap susu, sebaiknya Anda juga harus menghindari produk olahan susu. Misalnya : keju dan yoghurt juga sebaiknya dihindari jika Anda alergi susu.

3. Kacang

Ternyata kacang juga bisa menyebabkan asma menjadi kambuh lagi. Ini biasanya terjadi pada mereka yang alergi terhadap kacang. Biasanya, orang alergi kacang juga alergi terhadap bulu binatang, debu dan serbu sari tumbuhan.

4. Kerang

Alergi kerang sering terjadi pada anak-anak. Orang dewasapun tentu bisa mengalami alergi jenis makanan yang satu ini, Nah, jika Anda alergi terhadap kerang maka sebaiknya hindari juga makan-makanan laut seperti udang, kepeting, lobster dan tiram. Ini karena makanan laut tersebut juga bisa memicu alergi.

5. Makanan Instan

Makanan instan - seperti sup dan buah atau sayuran yang dikeringkan biasanya mengandung penngawet sodium bisulfite, potassium bisulfite, sodium metabisulife, potassium merabisulfite dan sodium sulfite. Pengawet tersebut dapat menyebabkan serangan asma pada orang yang hipersensitif.

6. Kentang Kemasan

Kandungan sulfite tinggi dapat kita temukan pada produk olahan kentang, seprti kentang goreng yang dikemas dan kentang goreng yang telah dibekukan.

Sebenarnya masih banyak makanan yang memicu asma kambuh. Misalnya bir, kedelai, gandum dan lainnya. Jadi jika Anda menderita asma, sebaiknya Anda berhati-hati saat memilih makanan, karena jika salah memilih makanan bisa-bisa asma Anda kumat mendadak.

Demikian mengenai 6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asma, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asma"

Posting Komentar