Ini Mitos Seputar Nyeri Otot

Ini Mitos Seputar Nyeri Otot
Ini Mitos Seputar Nyeri Otot - Nyeri otot biasanya dialami berolahraga, teruatam jika Anda sudah lama tidak menggerakkan tubuh Anda. Bila sudah begitu, maka yang bisa dilakukan adalah berhenti berolahraga, karena rasa nyeri otot dianggap bisa membuat kondisi lebih parah.

Tapi benarkah seperti itu? Berikut adalah 5 mitos seputar nyeri otot yang bisa Anda simak di bawah ini :

1. Otot yang nyeri harus benar-benar diistirahatkan agar tidak semakin parah.

Faktnya, bergerak dan meregangkan tuubuh akan membuat otot-otot lebih rileks. Namum, jika ada otot yang cedera, pergerakan tubuh tentu harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak menjadi fatal.

2. Nyeri Otot Setelah berolahraga disebabkan oleh penumpakan asam laktat

Nyeri otot yang dirasakan setelah berolahraga diakibatkan oleh robekan kecil pada jaringan. Untuk mengatasi masalah ini, obat antinyeri yang dijual bebas dapat digunakan untuk meringangkan rasa nyeri.

3. Tas berat merupakan penyebab utama nyeri pada punggung

Tas yang berat tidak berkaitan dengan sepenuhnya dengan keluhan nyeri punggung. Bisa saja nyeri punggu itu disebabkan oleh posisi saat mengangkat tas atau penggunaanya yang tidak ergonomis.

Untuk menghindari nyeri punggu, pastikan tas ransel Anda digunaka tidak menggantung terlalu rendah di punggung. Dengan demikian, penggunaannya tidak membuat Anda membungkuk.

4. Hindari Olahraga jika sedang nyeri otot

Olahraga dalam intensitas yang benar dapat bermanfaat bagi keluhan nyeri otot Anda. Apa yang dimaksud dengan intensitas yang benar? Saat otot sedang nyeri dan ingin berolahraga, lakukanlah secara bertahap—misalnya memulai lari dari jarak pendek ketimbang langsung lima kilometer. Jangan lupa untuk pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.

5. Cedera otot adalah hal yang menyeramkan dan sulit disembuhkan

Jangan khawatir. Otot mempunyai kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri. Sehingga apabila terus terlatih, otot akan menjadi semakin kuat. Namun, tetaplah waspada apabila terjadi robekan otot yang parah, terutama jika ini membuat Anda tidak bisa bergerak.

Demikian mengenai Ini Mitos Seputar Nyeri Otot, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ini Mitos Seputar Nyeri Otot"

Posting Komentar