Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Cara Menjaga Kesehatan Mata - Mata adalah bagian yang sangat penting dari tubuh kita, mata ibarat jendela yang memperlihatkan betapa indahnya dunia ini. Dengan mata kita bisa melihat benda-benda, membaca buku dan melihat film yang kita sukai. Menjaga mata tetap sehat adalah keharusan agar kita bisa menggunakan mata kita dengan baik.

Mata yang sehat akan enak untuk melihat segala sesuatu, tanpa alat bantu pengelihatan seperti kacamata dan lensa. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mata Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Banyak penyakit mata yang bisa menyerang seseorang, dan yang paling sering adalah mata rabun dekat atau jauh. Saat sudah menderita rabun, maka kita dianjurkan memakai kacamata yang sesuai dengan rabun yang kita derita.

Tentunya tidak mau donk memiliki mata rabun jauh atau rabun dekat. Para peneliti telah menemukan bahwa penyakit mata tertentu yaitu seperti, katarak, mata minus, silinder, mata buram, pengelihatan ganda, mata kabur, sindrom mata kering atau degenerasi makula, dan glaukoma bisa diperlambat atau dicegah dengan beberapa cara dari mulai mengatur asupan vitaami atau mineral tertentu.

Menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu cara untuk menjaga mata Anda tetap sehat dan berfungsi dengan semestinya. Nah, mungkin cara di bawah ini harus Anda coba agar mata tetap sehat:

1. Pemeriksaan Mata Rutin

Banyak orang berpikir pergi ke dokter hanya saat sakit saja, jadi saat badan atau bagian tubuh masih terlihat sehat, maka tak perlu pergi ke dokter. Buanglah cara berpikir seperti itu, karena pemeriksaan kesehatan, terutama kesehatan mata adalah hal yang penting untuk mencegah penyakit mata menyerang.

Pemeriksaan secara rutin juga baik untuk mengetahui kondisi mata Anda,apakah baik-baik saja atau tidak. Selain itu banyak penyakit mata umum seperti glaukoma, mata diabetes dan degenerasi yang terkait dengan usia, sering tidak memiliki tanda-tanda peringatan. Oleh karena itu disarankan untuk memeriksakan mata secara rutin.

2. Makanan Baik untuk Mata

Memilih makan yang baik untuk mata adalah cara pencegahan yang paling. Jadi usahakan saat memilih makanan yang mengandung kaya antioksidan, seperti vitamin C dan A, makanan seperti sayuran hijau dan ikan. Banyak makanan, terutama ikan yang mengandung asam omega-3 yang sangat penting bagi kesehatan  makula, bagian dari mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.

Tak cukupnya asupan antioksidan, mengonsumsi minuman beralkohol atau lemak jenus dapat membuat reaksi radikal bebas yang bisa membahayakan makula - bagian tengah retina. Diet tinggi lemak juga tak baik, karena bisa menyebabkan deposito yang menyempitkan aliran darah di arteri ke mata.

Dalam sebuah studi juga menunjukka bahwa beberapa nutris seperti omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan vitamin  dapat membantu menangkal gangguan penyakit mata yang terkait dengan usia masalah seperti degenerasi makula dan katarak. Buah jeruk, bayam, kangkung, sawi, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan dan sumber protein non daging lainnya adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata.

3. Menjaga Berat Badan

Mungkin sebagian orang berpikir kalau berat badan tidak berpengaruh apa-apa mengenai mata. Tapi jangan salah, saat memiliki berat badan berlebih, maka risiko diabetes juga akan menjadi tinggi. Ini dapat menyebabkan sistemik lainnya, yang dapat menyebabkan kehilangan pengelihatan, seperti mata diabetes dan glaukoma.

Obesitas adalah salah satu faktor terjadi katarak, namun mekanismenya masih belum jelas. Dari berbagi jenis katarak, jenis katarak posterior subkapsular yang paling sering dikaitkan dengan ini.

Jadi mulai sekarang jagalah berat badan Anda, agar tidak terkena diabetes yang berujung pada katarak mata. Mulailah berolahraga secara rutin dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

4.  Berhenti Merokok

Merokok memang tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk organ pernapasan. Tapi merokok juga membuat mata katarak, kerusakan saraf oprik, dan degenerasi makula. Seseorang yang merokok meningkatkan risiko terkena katarak menjadi lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak merokok. Dalam sebuah studi yang dilakukan menunjukkan kalau mereka yang merokok akan menempatkan kesempatam mereka membentuk katarak, dan risiko ini akan bertambah terus saat Anda semakin sering merokok.

5. Menggunakan Kacamata Hitam

Memakai kacamata hitam saat berpergian di bawah terik matahari adalah baik untuk melindungi mata dari sinar ulatraviolet. Saat mata terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet (UV) dapat meningkatkan risiko mata terkena katarak dan degenarasi makula.

Pilihlah kacamata yang menghalangi 99 persen sampai 100 persen dari kedua sinar UVA dan UVB. Lensa sampul membantu melindungi mata Anda dari samping. Lensa terpolarisasi mengurangi silau saat Anda keluar ruang yang terik. Pilihlah kacamata yang terbuat dari polikarbonat, karena merupakan bahan yang sangat kuat, bahkan 10 kali lebih kuat dari bahan plastik lainnya.

6. Membersihkan Tangan saat Menyentuh Mata atau Melepaskan Lensa Kontak

Untuk menghindari infeksi terjadi, maka selalu bersihkan tangan sebelum menyentuh lensa kontak. Pastikan juga selalu membuat lensa kontak tetap steril seperti yang diperintahkan dan menggantinya sesuai anjuran.

Selalu menjaga kebersihan tangan Anda dapat menjaga kesehatan mata Anda, dan juga bisa untuk mencegah beberapa jenis penyakit lainnya.

7. Mengistirahatkan Mata

Jika Anda bekerja didepan komptuter atau fokus pada satu hal, biasanya Anda akan lupa untuk berkedip dan ini bisa menyebabkan mata menjadi lelah. Cobalah atur mata ini 20-20-20: setiap 20 menit, berpaling 20 kaki di depan Anda selama 20 detik. Hal ini bisa Anda coba dan mengurangi kelelahan mata.

Seperti yang dikutip dari webmd.com, menatap layak komputer atau objek terlalu lama juga bisa menyebabkan gangguan pada mata seperti mata kering, ketegangan mata, pandangan yang kabur, kesulitan fokus pada jarak.

8.  Hindari Minum Alkohol

Minum alkohol memang tidak baik untuk kesehatan, minum alkohol berlebihan dalam jangka pendek juga bisa menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen karena efek langsung dari alkohol pada saraf optik. Alkohol juga memperlambat laju komunikasi antara neurotransmitter di otak. Neurotransmitter adalah zat kimia yang mengkomunikasikan infomrasi di seitar otak dan tubuh Anda.

Keterlambatan komunkasi antara otak dan mata berrarti bahwa mereka tidak mampu berfungsi secara efektif  yang melemahkan koordinasi otot mata. Hal inilah yang menyebabkan visi terdistorsi atau ganda. Alkohol dapat memperngaruhi penyerapan vitamin dalam hati, vitamin yang dibutuhkan  untuk mempertahankan pengelihatan agar tetap sehat.

9. Tidur yang Cukup

Tidur cukup selama 7-8 jam setiap hari adalah kunci agar mata tetap segar dan sehat. Dengan tidur yang cukup berarti mata juga beristirahat dengan cukup. Penelitian menunjukkan kalau mata butuh 5 jam permalam untuk benar-benar istirahat. Tanpa itu mata tidak bisa bekerja dengan maksimal. Salah satu efek buruk kurangnya tidur adalah mata menjadi kejang.

Dan jika kebiasan kurang tidur atau sering bergadang dilakukan terus menerus, maka dikhawatirkan menyebabkan penglihatan mata akan terganggu karena ketegangan mata. Kurang tidur bisa menyebabkan mata kering, kondisi dimana saat air mata tidak memadai melumasi mata Anda. Ketika mata kering, maka akan terasa sakit, sensitif dengan cahaya, gatal, kemerahan,dan pengelihatan menjadi kabur.


Mata adalah organ tubuh paling penting, karena dengan mata yang sehat kita juga meihat sesuatu dengan enak dan indah. Mata adalah jendela bagi kita untuk melihat dunia. Jadi jangan rusak mata Anda, jagalah baik-baik mata pemberian Tuhan dan selalu bersyukur karena diberikan mata yang sehat dan bisa melihat dengan sempurna. Jika Anda mengingat itu, maka Anda akan berusaha menjaga mata Anda tetap sehat.

Demikian mengenai Cara Menjaga Kesehatan Mata, semoga postingan kali ini bisa bermanfat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Mata"

Posting Komentar