Ciri dan Gejala Gagal Ginjal

Ciri dan Gejala Gagal Ginjal
Ciri dan Gejala Gagal Ginjal - Ginjal merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh, jika ginjal tidak bekerja dengan normal, maka tubuh akan merasakan sakit. Dan salah satu penyakit ginjal yang paling sering dan ditakuti oleh banyak adalah gagal ginjal. Pasalnya saat seseorang mengalami gagal ginjal, maka seseorang tersebut harus melakukan cuci darah sumur hidup untuk membersihkan racun dalam tubuhnya.

Ginjal terletak di perut bagian belakang kiri dan kanan, ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan elektrolit, memproduksi sel darah merah, dan mengontrol tekanan darah.

Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring produk limbah dalam darah, dan saat seseorang mengalami gagal ginjal, maka fungsi penyaringan tidak lagi berfungsi lagi, dan ini menyebabkan penumpukan limbah racun dalam tubuh yang berakibat berbahaya, dan mengakibatkan susunan kimiawi darah menjadi rusak.

Penyakit gagal ginjal adalah kondisi yang serius, tapi sayangnya ciri dan gejalanya sangat samar-samar, sehingga banyak orang yang menyadarinya, namun perlahan tapi pasti penyakit inidari waktu ke waktu akan semakin parah.

Kebanyakan pasien gagal ginjal adalah mereka yang sebelumnya menderita penyakit ginjall lainnya selama beberapa waktu. Yang perlu di ketahui adalah Ginjal yang sehat memiliki faktor penting untuk seseorang bisa berumur panjang, sehingga mencermati gejala atau tanda yang mengarah ke gagal ginjal adalah kunci utama untuk mencari pengobatan dini.

Nah, untuk mengetahui apa saja gejala dan ciri gagal ginjal, dibawah ini adalah beberapa ulasannya:

1. Kelelahan

Sepanjang hari ginjal bekerja dengan keras, tidak hanya untuk memproduksi urine saja, tapi juga membuat erythropoetin, yang merupakan sel sel darah merah. Ketika ginjal sudah rusak, maka produksi erythropoetin bisa menurun dan ini bisa menyebabkan seseorang mengalami anemia. Anemia bukanlah satu satunya alasan, kenapa orang yang mempunyai penaykit ginjal atau gagal ginjal tamak mengalami kelelahan atau lemas.

Alasana lain yaitu ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat menyebabkan kelemahan otot. Sayangnya mereka yang menderita gagal ginjal akan merasa lelah dan lemas walaupun setelah istirahat yang cukup lama. Efek kelelahan ini akan berdamapak pada aktifitas hariannya secara signifikan, dimana pasien tidak mampu pergi bekerja, melakukan tugas yang mudah seperti membersihkan ruma atau menyiapkan makanan.

2. Perubahan Buang Air Kecil

Seperti yang Anda tahu, kalau ginjal bekerja keras sepanjang hari untuk menghasilkan urin. Oleh karena itu, jika ginjla tidak normal, maka yang langsung dapat kita amati adalah adanya perubahan atau tanda-tanda abnormal pada urine, seperti di bawah ini

  • Perubahan Warna Urin
    Warna urine normalnya adalah berwarna kuning jernih. Anda harus perlu waspada jika warna urine Anda menjadi kuning keruh atau kecoklatan. Penting juga untuk diperhatikan kalau orang yang banyak minum air akan memiliki warna urin yang lebih terang, itu tidak harus jelas, melainkan redup kuning.

  • Sering Kencing
    Jika Anda sering kecing, dan terutama pada malam hari, maka hal terebut harus diwaspadai, karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala awal gagal ginjal.
  • Kecing Berdarah
    Saat Anda kecing berdarah, maka hal tersebut harus diwasapadai, karena hal terebut bertanda kalau ginjal sedang kesulita dalam bekerja.
  • Urin Berbusa
    Perubahan yang musti Anda waspadai adalah kencing berbusa, atau tampak hampir seolah-olah berbuih.
3. Kulit Gatal

Ginjal berfungsi menyaring limbah-limbah yang dibawah darah, sehingga jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka yang terjadi adalah limbah limbah terebut akan menyebar ke kulit. Dengan demikian, maka terjadilah gejala gagal ginjal berupa kulit kering, bercak kulit gata diseluruh tubuh yang sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, dan dada. Gatal yang ditimbulkan sangatlah parah, sehingga akan menggangu aktifitas sehari-hari, dan krim penghilang gatal tidaklah ampuh, maka sebaiknya pergi kedokter untuk periksa.

4. Bengkak Pada Tungkai

Ketika ginjal sudah tidak berfungsi secara normal, maka ada banyak cairan ekstrak yang tidak bisa di buang oleh tubuh, dan cairan tersebut akan menempati ruang dimana saja dalam tubuh. Itu sebabnya dalah satu ciri-ciri gagal ginjal adalah terjadi pembekakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan. Pada awalnya mereka akan melihat kakinya bengkak, lalu wajah mereka mengalami pembekakan yang entah dari mana datannya, dan kemudia dapat mulai melihat kalau tubuhnya mulai membekak di seluruh tubuh.

Namun perlu diketahui, kalau tungkai bengkak bukanlah ciri khas dari gagal ginjal, melainkan bisa juga penyakit lain. Nah, jika Anda atau keluarga terdekat Anda ada yang mengalaminya, maka sebaiknya pergi kedokter untuk brkonsultasi dan memastikan penyebabnya.

5. Mual Muntah

Muntah adalah salah satu ciri dari gagal ginjal, muntah adalah ciri-ciri gagal ginjal yang selalu muncul dan hampir selalu ada. Ketika seseorang sudah mengalami kulit gatal, maka biasanya akan diringi dengan mual konstan, dan dikikuti muntah selama beberapa hari. Ditambah lagi mulut yang tidak enak ketika memasukkan makanan. Mereka yang menderita mual muntah, jarang sekali memeriksakan kedokter, karena mereka beranggapan hal tersebut adalah hal yang biasa dan bukan berkaitan dengan masalah yang lebih serius.

6. Napas Tidak Lega

Ketika seseorang mengalami sulit bernapas, maka yang perlu diperhatikan ada bagian tubuh yang tidak beres. Napas sesak atau napas pendek apabila di terjadi saat melakukan aktivitas berat, maka bisa jadi hal tersebut adalah gejala gagal ginjal. Hal ini karena saat ginjal tak lagi berfungsi dengan normal, maka cairan akan menuju paru-paru, dan tubuh kekurangan sel darah merah.

7. Mulut Rasa Logam

Ketika seseoang menderita masalah ginjal, seseorang tersebut akan mengalami uremia, salah satu tahap akhir penyakit ginjal. Pada kondisi ini limbah yang menumpuk dalam tubuh seseorang berlebih, dan salah satu gejala yang sering dirasakan adalah, mulut seperti ada logamnya dan makanpun menjadi tak enak. Hal ini akan membuat efek domino akbat kehilangan napsu makan, dengan demikian seseoranng akan mengalami kehilangan nutrisi dalam tubuh dan bisa berakibat lelah da lemas.


Flank area adalah daerah pinggang kanan dan kiri berteppatan dengan perut bagian atas sampai tengah sisi pinggir kanan kiri. Lokasi ini bertepat dengan kebradaan ginjal, ketika ada nyeri dalam daerah ini, maka Anda harus mewaspadai adanya gangguan ginjal.

Memang nyeri pinggang ini tak selalu berkaitan dengan gejala ginjal, ada beberap faktor yang bisa menyebabkan seseorang menjadi nyeri pinggang. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan juga pola kemih telah berubah drastis, atau adakah darah dalam urin, jika demikian, maka Anda perlu waspada dan segera periksakan kedokter.

9. Gangguan Memori

Saat sudah memasuk masa tua, maka Anda akan cenerung menajdi pelupa, karena tingkat kemampuan mengingat menurun, dan hal tersebut wajar. Namun, gangguan memori akibat gagal ginjal terjadi akibat kurangnya konsentrasi yang diikuti oleh pusing yang disebabkan peningkatan racun dalam tubuh akibat kerusakan ginjal. Kondisi ini tidak berdiri sendiri, jadi Anda harus memperhatikan adanya ciri-ciri lain.

10. Kedinginan dan Mengigil

Jika suhu tidak dingin, tapi Anda terasa kedinginan, maka hal tersebut perlu dicurigai ada masalah dalam tubuh Anda. dan harus di waspadai, karena merupakan salah satu ciri dari gagal ginjal yang terjadi akibat anemia atau kehilangan sel-sel darah merah. Memperbanyak asupan zat besi dan minum banyak air adalah saran yang diberikan dokter untuk mengatasi gejala ini.

Ulasan di atasi tidaklah semuanya kami paparkan karena keterbatasn waktu dan tempat. Tapi kalian harus tetap waspada jika ada yang tidak beres pada tubuh Anda, jangan ragu atau takut untuk pergi dokter dan memeriksakannya, karena jika gejala bisa diketahui lebih cepat, maka hal tersebut bisa ditangani lebih baik.

Demikian mengenai Ciri dan Gejala Gagal Ginjal, semoga postingan kali ini bisa bermafaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ciri dan Gejala Gagal Ginjal"

Posting Komentar