Fakta Mengenai Gagal Ginjal, Kondisi yang Menyebabkan Eko DJ Meninggal

Fakta Mengenai Gagal Ginjal, Kondisi yang Menyebabkan Eko DJ Meninggal
Fakta Mengenai Gagal Ginjal, Kondisi yang Menyebabkan Eko DJ Meninggal - Satu lagi pelawak senior yang menghebuskan napas terakhir. Komedian Eko DJ telah meninggal dunia, karena di ketahui sebab beliau meninggal adalah karena menderita gagal ginjal dan diabetes.

Banyak orang yang belum tahu apa itu sebenarnya gagal ginjal. Banyak orang juga tidak tahu apa saja yang harus di lakukan oleh penderita gagal ginjal. Untuk mengetahui apa saja sih fakat-fakta mengenai gagal ginjal, berikut adalah beberapa penjelasnnya:

1. Bisa Timbul dari Komplikasi Diabetes dan Hipertensi

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan terus menerus akan membuat tubuh tak sehat. Kebiasaan seperti merokok, jarang olahraga, kolestrol tinggi bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Sementara itu diabetes yag tidak ditangani dengan baik akan merusak langsung pembuluh darah di ginjal. Akibatnya darah pembuluh darah tidak elastis sehingga proses cuci darah alami di ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik.

2. Muda dan Tua bisa Berisiko Terkena

Kebanyakan orang yang mengalami gagal ginjal adalah mereka yang sudah berusia lanjut. Tapi bukan berarti mereka yang berusia muda tidak bisa terkena gagal ginjal. Tapi yang musti di ingat adalah yang di alami di masa tua adalah akibat agay hidup di masa muda.

Kebiasaan kebiasaan yang kurang baik seperti terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri, bisa berakibat buruk pada ginjal. Memang dalam satu sampai dua tahun tidak akan terasa, tapi setelah terakumulasi akan baru terasa akibatnya.

3. Ginjal Terlalu Keras Bekerja Bisa Mengakibatkan Kegagalan

Kegagalan ginjal terjadi lantaran ginjal bekerja terlalu keras dalam waktu yang lama dan terus menerus. Ginjal akan berkerja keras jika seseorang terlalu banyak minum minuman berkadar gula tinggi.

Sebenarnya minum minuman manis tidak dialarang asal dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Dan sebaiknya Anda juga perlu mengimbanginya dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup, jumlah yang dianjurkan minum air dalam sehari adalah dua liter dan untuk anak kecil adalah satu setengah liter.

4. Asupan yang Perlu Dipantang

Bagi mereka yang mengalami gagal ginjal tak boleh makan semabarangan, ada makanan yang sebaiknya dihindari agar fungsi dan pengobatan ginjal yang sedang dijalani tidak terganggu. Hal ini juga bisa mencegah terjadi komplikasi pada pasien gagal giinjal.

Makanan yang perlu dihindari adalah produk olahan susu, baik itu susu untuk minuman, keju, yoighurt, krim atau mentega yang memiliki kandungan fosfor tinggi. Kandungan fosfor yang tinggi bisa membuat pasein gagal ginjal bisa mengalami kekurangan kalsium yang bisa membuat mereka gatal gatal.

Umbi-umbian seperti kentang, singkong dan ubii yang mengandung potasium dan kalium tinggi juga harus dihindari. Hal ini karena pada pasien gagal ginjal, fungsi ginjal sudah rusak dan membuat kandungan potasium dan kalium dalam darah sudah tinggi. Dengan tambahan potasium dan kalium bisa mengganggu kerja jantung dan berisko membuat pasien gagal ginjal megalami komplikasi kardiovaskular.

5. Cuci Darah Dilakukan Seumur Hidup?

Yang sering menjadi pertanyaan banyak orang adalah, apakah cuci darah dilakukan seumur hidup? Jawabannya tidak selalu. Cuci darah itu seperi obat yang membantu untuk mengelurakan racun dari dalam tubuh akibat fungsi ginjal tidak maksimal.

Dengan melakukan cuci darah, maka ginjal yang keracunan cepat pulih. Untuk itu harus di cari tahu penyebab kerusakan ginjal dan pasien tersebut. Jadi cuci darah tergantung penyebabnya masing-masing. Cuci darah untuk membuang racun karena fungsi ginjal sudah tidak berfungsi, bukan untuk memperbaiki ginjal.

Demikian mengenai Fakta Mengenai Gagal Ginjal, Kondisi yang Menyebabkan Eko DJ Meninggal, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Fakta Mengenai Gagal Ginjal, Kondisi yang Menyebabkan Eko DJ Meninggal"

Posting Komentar