Pertolongan yang Harus dilakukan Jika Ada Serangan Stroke

Pertolongan yang Harus dilakukan Jika Ada Serangan Stroke
Pertolongan yang Harus dilakukan Jika Ada Serangan Stroke - Stroke adalah salah penyakit yang sebisa mungkin di hindari. Karena stroke bisa datang kapan saja tanpa di duga duga. Biasanya stroke terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia.

Stroke adalah kondisi dimana terjadinya pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembulu darah, sehingga terjadinya kematian sel sel sebagian dalam otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang perlu penanganan secepat mungkin

Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otakk terputus, maka sel sel akan mati. Karena itu semakin cepat penanganan, maka semakin kecil risikonya dan bahkan kematian bisa dihindari.

Nah, karena stroke bisa datang secara tiba tiba tanpa kita duga. Maka harus ada pertolongan pertama sebelum ambulance dari rumah sakit datang untuk meminimalkan risikonya. Apa saja hal itu, Berikut adalah Pertolongan yang Harus dilakukan Jika Ada Serangan Stroke:

1. Pastikan Posisi Penderita Aman

Jika ada teman atau kerabat Anda mengalami stroke di tengah jalan yang ramai, maka pastikanlah dia berbaring pada posisi yang aman. Pastikan posisi penderita dengan tubuh menghadap ke samping kiri.

Tujuan tindakan tersebut adalah untuk mencegaj masuknya cairan saluran penapasan (recovery position). Jika gejala stroke membuat masih sadar dan hanya leah saja,maka pastikan penderita dalam posisi istirahat.

2. Hindari Menusuk Jari dengan Jarum

Banyak orang percaya jika ada seeorang terkena stroke, maka penanganan yang pertama musti dilakukan adalah menusukkan jarum pad jarinya untuk mengeluarkan darah. Hal ini sangatlah salah, karena tidak bermanfaat sama sekali dalam penyembuhan penderita stroke. Bahkan jika jarum yang digunakan tidak bersih, penderita stroke bisa mengalami infeksi.

3. Jangan Panik

Yang musti dilakukan adalah jangan panik, saat panik kita tidak bisa berpikir dengan jernih dan tenang. Ketika seseorang mengalami penurunan kesadaran tetaplah tenang dan berpikir. Dengn demikian Anda dapat menentukan pertolongan pertama untuk penderita tersebut.

4. Gunakan Popok Dewasa untuk Pasien

Jika penderita mengalami serang stroke, maka sebisa mungkin gunakanlah popok dewasa. Karena saat penderita mengalami seranga stroke maka mobilitas pendrita menjadi terganggu dan bisa menyebabkan kondisi pasien tidak secara aktif ke toilet. Untuk hal inilah penderita disarankan menggunakan popok dewasa.

5. Hubungi Bantuan Medis Terdekat

Jika ada seseorang yang terkena serang stroke maka yang harus di lakukan adalah berpikir tenang dan segara panggil bantuan medis segera. serangan stroke membutuhkan pertolongan segera agar kejadian yang lebih buruk tidak terjadi.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, terdapat 12 orang yang terkena stroke dari 1000 orang di Indonesia. Stroke juga saalah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

Orang orang yang berusuia lebih dari 65 tahun paling berisiko terkena stroke. Namun yang lebih mengejutkan adalah dua puluh lima persen penderita stroke di alami mereka yang berada di usia 65 tahun. Termasuk juga  remaja dan anak anak.

Demikian mengenai Pertolongan yang Harus dilakukan Jika Ada Serangan Stroke, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Pertolongan yang Harus dilakukan Jika Ada Serangan Stroke"

Posting Komentar