Tips Menjaga Kebersihan Saat Haid

Tips Menjaga Kebersihan Saat Haid
Tips Menjaga Kebersihan Saat Haid - Saat wanita sedang mengalami haid, maka segela sesuatunya menjadi tidak nyawam. Badan terasa saki dan harus lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas.

Karena sibuknya pekerjaan, banyak wanita yang memperhatikan organ intimnya. Mereka cuek dengan kebersihan organ intimnya, dan jika kebersihan di daerah intim tersebut tidak di jaga, maka kuman dan bakteri akan bersarang dan merugikan tubuh kita sendiri.

Menjaga kebersihan organ intim terutama sat haid sangatlah penting sekali. Karena kebesihan pada organ intim sangat penting, maka Anda harus mengikuti tips-tips di bawah ini agar selama haid organ intim Anda tetap terjaga kebesihannya:

1. Ganti Pembalut 2-3 jam Sekali

Darah haid yang keluar bisa terkontaminasi oleh organisme bawaan tubuh. Dan kalau pembalut tidak diganti dalam jangka waktu lama, maka organisme tersebut akan berkembang dengan cepat, karena area basah dan lembab adalah sarang bagi orgnisme tersebut.

Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka akan ada bahaya yang mengintai. Beberapa bahaya yang mungkin bisa timbul adalah infeksi salura kemih, infeksi vagina, dan ruam-ruam kulit. Idealnya memang pembalut di ganti selama 2 atau 3 jam sekalli, tapi ini juga tergantung darah yang keluar.

2. Membersihkan Organ Intim Sebelum Ganti Pembalut

Ada beberapa wanita yang saat mengganti pembalut tak pernah membesihkan organ intiim terlebih dahulu, maka lebih baik tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Basuh dan bersihkan area kewanitaan setaiap Anda mengganti pembalut yang baru. Tujuannya selain menjaga kebersihan juga mencegah bau yang tak sedap. Dan jangan lupa daerah selangkangan biasanya terkena darah haid juga, jadi jangan lupa untuk di bersihkan.

3. Basuh dari Depan ke Belakang

Nah, kebiasaan ini yang sering salah di lakukan wanita saat membersihkan organ intim adalah cara membasuhnya. Membasuh organ intim yang benar adalah dengan cara membasuhnya dari depan ke belakanng, bukan sebaliknya. Kalau Anda membasuhnya dari belakang kedepan, maka hal ini bisa menyebabkan bakteri dan kuman yang berada di anus bisa masuk ke miss V dapa meningkatkan risiko infeksi.

4. Jangan Menyabun Area Kewanitaan

Organ intim wanita punya cara sendiri dan mekanismenya sendiri untuk menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri buruk. Menggunakan sabun saat membersihkan daerah intim akan membuat bakteri baik akan mati dan bisa memicu infeksi. Jadi sebenarnya tak usah membersihkan dengan sabun, cukup dengan pakai air bersih mengalir.

5. Cuci Tangan Setiap Selesai Menyentuh Pembalut

Seiap kali selesai menyentuh pembalut, jangan lupa untuk cuci tangan, pastikan tangan Anda bersih. Dan jangan lupa untuk mengecek juga bagian lengan atau baju Anda, apakaha ada kotoran darah atau tidak.

Menjaga kebersihan tubuh memang sangat penting, apalagi saat sedang haid. Jangan lupa untuk mandi dua kali sehari agar tubuh tidak bau.

Demikian mengenai Tips Menjaga Kebersihan Saat Haid, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips Menjaga Kebersihan Saat Haid"

Posting Komentar