8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Ciuman

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Ciuman
8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Ciuman - Saat seseorang jatuh cinta, maka ungkapan cinta yang akan diberikan adalah berupa ciuman pasangan tersebut. Memang ciuman memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Tapi disisi lain berciuman bibir juga bisa menularkan beberapa penyakit. Pasalnya pada mulut terdapat banyak organisme yang berada pada air liur.

Lalu, penyakit apa saja yang bisa tertular memlalui ciuman bibir? Berikut adalah delapan penyakit yang bisa menular karena ciuman bibir:

1. Penyakit Gusi

Bakteri, lendir, dam partikel lain terus menerus hidup dalam mulut dapat membentuk plak gigi. Menyikat gigi dan flossing (penggunaan benang gigi) sangat membantu menghilangkan plak. Namun kalau tidak dibersihkan secara menyeluruh, plak juga bisa tumbuh di bawah garis gusi sehingga menyebabkan penyakit gusi.

Meskipun penyakit gusi (dikenal sebagai periodotitis dan gingivtis) tidak menyebar melalui ciuman, namun kandungan bakteri buruk yang terkandung dalam mulut Anda dan pasangan bisa menyebabkan penyakit gusi.

2. Mononukleosis

Penyakit ini disebut juga sebagai penyakit mono atau penyakit ciuman. Mononukleosis adalah infeksi virus yang menyebabr melalui air liur misalnya melalui ciuam bibir, batuk, bersin atauppun hal lainnya di tularkan dari liur di penderita mono. Gejala penyakit ini sangat mirip dengan flu yaitu demam, sakit tenggorokan, kelelahan, nyeri otot dan yang paling parah adalah terjadinya pembekakan kelenjar getah bening.

3. Influenza

Influenza menular secara cepat dari satu orang ke orang lainnya. Seringnya tertular melalui percikan air liur orang yang terinfeksi ketika batuk, bersin, ataupun bicara. Nah, influenza ini juga bisa menyebar saat salah satu pasangan sedang menderita influenza. Gajalanya meliputi demam, batuk , sakit tenggorokan, nyeri tubuh dan kelelahan.

4. Gondongan

Gondongan adalah infeksi viirus yang memperngaruhi kelenjar ludah yang mengalami pembekakan. Gondongan menyebar dari orang yang terinfeksi melalui udara ketika sedang pilek, batuk, ataupun bersin. Gejala dari gondongan sendiri adalah mengalami demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan dan kehilangan nafsu makan.

5. Flu Singapura

Flu Singapura atau dalam bahas madesi disebut dengan hand foot and mouth disease merupakan penyakit yang sangat menular. Pennyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama coxsackie dan bisa menyebar melalui luka terbuka di mulut, air liur, dan tinja. Gejaa yang ditimbulkan biasanya dalah demam disertai dengan sakit leher, pilek, dan ruam pada bagian mulut, tangan dan kaki.

6. Hepatitis B

Ciuam bibir juga bisa menularkan penyakit hepatitis B. Infeksi bisa terjadi ketika darah dan air liur yang terinfeksi virus hepatitis mengalami kontak langsung dengan aliran darah orang lain atau selaput lendir. Jika seseorang memiliki luka di mulut, maka penyakit ini sangat mudah untuk menyebar ke orang lain.

7. Herpes

herpes pada mulut ditularkan melalui kontak lagsung dengan daerah yang terinfeksi, kulit yang rusak atau selaput lendir. Penyakit ini menimbulkan gelembung berisi air pada kulit yang seperti kulit sedang melepuh. Selain itu para ahli memperkirakan lebih dari 20 persen kasus herpes genital baru disebabkan oleh herpes simpleks tipe 1 yang ditularkan melalui oral seks.

8. Meningitis

Banyak jenis virus yang bisa menyebabkan seseorang terkena miningitis. Meningitis adalah peradangan atau pembentukan dari membran pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulanng belakang. Peradamgan ini biasanya disebabkan oleh infeksi dari cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Salah satu pemicu penyakit ini menurur penlitian yang dilakukan adalah dengan ciuman. Gejalanya meliputi demam, sakit kepala, leher kaku, mual dan muntah.

Cara Mencegah Penularan Penyakit dari Ciuman Bibir

- Tidal melakukan ciuman apabila Anda dan pasanga memiliki luka pada bibir ataupun mulut dan ketika dalam kondisi yang tidak sehat.
- Rutin menggunakan pasta gigi yang mengandung fluride minimal sehari dua kali.
- Ganti sikat gigi setiap tiga sampai empat bulan.
- Sikat lidah Anda untuk menghilangkan bakteri dan membuat napas menjadi lebih segar.
- Gunakan obat kumur untuk mencegah pertumbuhan plak dan karang gigi.
- Kurangi makanan yang mengandung banyak gula
- Kunjungi dokter gigi satu sampai dua kali dalam satu tahun untuk memerisksa kesehatan gigi.

Demikian mengenai 8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Ciuman, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Ciuman"

Posting Komentar