10 Gejala Gagal Ginjal yang Sering Tak disadari

10 Gejala Gagal Ginjal yang Sering Tak disadari
10 Gejala Gagal Ginjal yang Sering Tak disadari - Ginjal adalah organ penting dalam tubuh kita, tanpa ginjal tubuh kita mungkin akan penuh dengan racun. Karena fungsi ginjal adalah menyaring racun-racun dalam tubuh dan mengeluarkan melalui urine.

Salah satu penyakit yang sering terjadi adalah gagal ginjal. Banyak orang yang tak sadar kalau dirinya sedang menderita gagal ginjal. Kebanyakan mereka tidak tahu mendeteksi dini gejala gagal ginjal.

Jika kita bisa mendeteksi sejak dini gejalanyanya. Hal ini ini akan menghindari komplikasi yang mungkin timbul dari gagal ginjal. Berikut adalah 10 Gejala Gagal Ginjal yang Sering Tak disadari :

1. Sering Buang Air Kecil

Jika Anda sering buang air kecil, tapi Anda tidak terlalu minum banyak air, dan terutama Anda sering kecing pada malam hari. Ini adalah tanda penyakit gagal ginjal yang mendasarinya.

2. Kulit Gatal dan Ruam

Saat ginjal sudah tidak bisa bekerja dengan maksimal. Maka racun dalam tubuh akan meningkat, akumulasi ini bisa mengubah kualitas kulit Anda. Kulit akan menjadi kering dengan ruam di mana-mana.

3. Mual dan Muntah

kelebihan racun dalam darah bisa membuat Anda merasa mual dan muntah. Hal ini mungkin membuat Anda ingin mengeluarkan akumulasi racun melalui muntah. Hal ini terjadi selama stadium lanjut gagal ginjal.

4. Kram Otot

Penumpukan racun bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kram otot. Hal ini juga bisa terjadi bila kadar kalsium dan fosfor rendah dalam tubuh.

5. Darah dalam Urine

Biasanya, ginjal yang masih normal akan menyaring darah dan kotoran di tubuh. Tapi, saat ginjal dalam kondisi yang tidak baik atau tidak normal, maka hal ini akan membuat sel darah mengalir ke air kecing. Karena darah bisa ditemukan di urine.

6. Kelelahan dan Kekurang Energi

Jika Anda merasa lelah, letih atau pegal-pegal, padahal Anda tidak melakukan pekerjaan berat sepanjang hari, maka Anda harus segera periksa ke dokter. Gagal ginjal berarti penumpukan racun dalam tubuh. Terkadang, hal ini juga bisa menyababkan anemia sehingga Anda merasa kekurang energi.

7. Urine Bergelembung

Pernahkah Anda memerhatikan urine Anda. Jika saat Anda buang air kecil dan urine Anda bergelembung maka Anda perlu waspada dan hati-hati. Karena ini adalah salah satu indikator gejala utama penyakit ginjal.

8. Menurunnya Nafsu Makan

Saat racun sudah menumpuk banyak, maka tubuh akan merasa lemas. Dan ini adalah salah satu penyebab kenapa nafsu makan menjadi hilang. Karena organ ginjal tidak berfungsi dengan baik, karenanya nafsu makan Anda menjadi berkurang.

9. Mata Membengkak

Salah satu indikator kalau seseorang mengalami gagal ginjal adalah mata membengkak. Ini karena protein dalam urine. Semakin banyak protein yang dikuras dari tubuh ke dalam urine, maka semakin besar kemungkinan mata Anda membengkak.

10. Tangan dan Kaki Membengkak

Bila ginjal sudah mulai rusak, lebih banyak sodium yang di simpan dalam tubuh. Karenanya hal ini bisa membuat kaki dan tangan Anda menjadi membengkak.

Jika Anda atau kerabata terdekat Anda ada yang mengalami gejala seperti di atas, maka sebaiknay segera pergi ke dokter untuk memeriskan kondisi Anda. Karena semakin cepat gejala di ketahui, maka semakin minim risiko komplikasi.

Demikian mengenai 10 Gejala Gagal Ginjal yang Sering Tak disadari, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuany.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "10 Gejala Gagal Ginjal yang Sering Tak disadari"

Posting Komentar