5 Tips untuk Meningkatkan Daya Ingat

5 Tips untuk Meningkatkan Daya Ingat
5 Tips untuk Meningkatkan Daya Ingat - Pernah mengalami lupa menaruh benda di sesuatu tempat? Jika pernah, maka Anda tidak sendiri. Ada sekitat 50 persen orang dewasa pernha mengalammi hal ini.

Mungkin banyak orang yang menyepelekan kalau lupa adalah hal biasa, tapi gangguan daya igat dengan keluahan lupa bisa menjadi tanda awal dari demensia. Demensia adalah kondisi dimana seseorang mengalami fungsi penurunan daya ingat.

Jika ingin terhindar dari keluah tersebut, sebaiknya Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini agar ingatan Anda bisa terjaga dengan baik:

1. Membaca Buku

Membaca buku memiliki banyak manfaat untuk kita, selain menambah wawasan kita. Ternyata membaca buku juga memiliki manfaat pada daya ingat Anda. Bacalah buku sesuai minat Anda, apakah itu novel, sains, majalah atau buku lainnya. Kebiasaan membaca terbukti bisa menurunkan risiko terjadinya ganguan daya ingat hingga 50 persen.

2. Cukup Tidur

Orang dewasa membutuhkan waktu 6-9 jam untuk tidur di malam hari. meski terdengar klise, tapi nyatanya tidur cukup sangat penting untuk daya ingat Anda. Saat tidur malam, tubuh Anda akan menghasilkan hormon untuk meregenarasi sel, trmasuk sel otak. Di saat yang sama, otak juga merapikan dan mengelompokkan memori dari kejadian yang dialami sepanjang hari, sehingga memori tersebut akan tahan lama di otak.

3. Olahraga

Sebuat studi yang dilakukan oleh Britsig Journal of Sports Medicine menyebabkan bahwa orang yang berolahraga teratur mengalami peningkatan volume struktur otak yang berperan dalam menyimpan memori (hipopokampus). Olahraga yang disarankan adalah aerobik seperti jalan cepat, jogging, berenang, dan senam.

4. Mengobrol dengan Teman

Mengobrol dengan teman, baik secara langsung atau melalu telepon, sangat bermanfaat untuk melatih otak. Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa lansia yang memiliki komunitas untuk berkomunikasi lebih jarang mengalami demensia.

5. Berlibur

Siapa sih yang tidak senang berlibur. Anda hanya perlu relaksasi selama 24 jam, setidaknya 1 bulan sekali. Tindakan ini dapat berupa menonton TV, berolahraga, atau aktivitas yang menyenangkan menurut Anda. Dengan melakukannya, jalinnan syaraf di otak (sinaps) akan semakin banyak terbentuk dan membuat daya ingat Anda semakin tajam.

Demikian mengenai 5 Tips untuk Meningkatkan Daya Ingat, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Tips untuk Meningkatkan Daya Ingat"

Posting Komentar