6 Makanan yang Memperburuk Penyakit Batu Ginjal

6 Makanan yang Memperburuk Penyakit Batu Ginjal
6 Makanan yang Memperburuk Penyakit Batu Ginjal - Ginjal adalah organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Ginjal berfungsi untuk menyaring racun yang masuk ke tubuh kita dan dikelurakan melalui urine. Jika racun yang masuk ke ginjal terlalu banyak, maka hal ini bisa membuat penyakit batu ginjal.

Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu gejala sedari awal. Sehingga batu ginjal membesar dan bertamabh parah. Pola makan yang buruk juga menjadi salah satu faktor membuat kondisi ginjal semakin memburuk.

Seperti yang dilansir dari boldsky, berikut adalag 6 Makanan yang Memperburuk Penyakit Batu Ginjal :

1. Cokelat

Jika Anda salah satu penggemar cokelat dan jika Anda menderita penyakit batu ginjal, sebaiknya berheti mengonsumsi cokelat. Karena dalam cokelat diketahui mengandung oxalate yang bisa membuat keadaan injak semakin parah akibat batu ginjal.

2. Makanan Asin

Semua yang berelebihan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu makanan yang memiliki rasa asin sebaiknya dihindari jika Anda menderita batu ginjal. Sangat penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap harinya.

Ini karena garam mengandung sodium yang menyebabkan terlalu banyaknya pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh ginjal. Dan kelebihan kalsium ini bisa meningkatkan oxalate yang ada dalam makanan untuk kemudian meyebabkan pembentukan batu ginjal. Karena itu, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung garam.

3. Makanan Laut

Bagi penderita batu ginjal sebaiknya berhati-hati saat akan mengonsumsi makanan laut. Beberapa makanan laut diketahui mengandung zat yang bernama purines. Purines dalam tubuh bisa meningkatkan produksi asam urat yang bisa memicu terbentuknya batu asam urat.

4. Bayam

Sebaiknya bagi Anda yang menderita batu ginjal untuk menghindari bayam, karena menurut Dr Deepshika Agarwal, seorang ahhli nutrisi asal india mengatakan kalau bayam mengandung oxalate yang bisa meningkatkan kalsium dan pembentukan kristal kasium oxalate atau batu ketka ginjal memproduksi urine.

5. Teh

Teh adalah salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi saat Anda menderita batu ginjal, maka sebaiknya menghindari minum teh. Minum teh akan membuat batu ginjal semakin besar dan akan menimbulkan kompilasi lainnya.

6. Tomat

Tomat adalah sayuran yang mengandung banyak oxalte. Karena itu sebaiknya hindari tomat secara langsung dan terkandung dalam masakan.

Selain makanan di atas sebaiknya Anda juga menghindari makanan seperti jambu biji, kacang tanah, ubi jalar, dan buah bit. Gantiilah makanan-makanan di atas dengan beberapa makanan yang sehat seperti air mineral, jus lemon, air kelapa, dan makanan lainnya untuk mencegah batu ginjal. Dan jika Anda ragu dengan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh di makan saat menderita penyakti batu ginjal, maka jangan ragu untu berkonsultasi pada dokter.

Demikian mengenai 6 Makanan yang Memperburuk Penyakit Batu Ginjal, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "6 Makanan yang Memperburuk Penyakit Batu Ginjal"

Posting Komentar