Apa yang Terjadi Pada Tubuh saat Tersambar Petir

Apa yang Terjadi Pada Tubuh saat Tersambar Petir
Apa yang Terjadi Pada Tubuh saat Tersambar Petir - Saat hujan deras, apalagi disertai dengan petir maka hal yang paling menakutkan bagi kita adalah kalau petir menyambar kita. Oleh karena itu banyak orang enggan keluar. Suara yang menggelegar dan kilat yang menyambar membuat kita semakin takut.

Kengerian ini bertambah saat Anda mendengar berita mengenai orang yang tersambar petirr dan langsung meninggal. Yang menjadi pertanyaan banyak adalah, apa yang terjadi pada tubuh saat tersambar petir?

Apa yang terjadi saat seseorang tersambar petir?

Tersambar petir tentu adalah hal yang sangat mengerikan. Petir dapat menyambar bumi dengan kecepatan yang mencapai 300 ribu kilometer per jam, hal ini sama besarnya dengan energi yang dihasilakn oleh sebauh reaktor nuklir.

Meskipun demikian, kemungkinan Anda seumur hidup untuk tersambar petir adalah 1 banding 12.000. Jika dilihat dari angka statistik, ada 500 orang di dunia yang tersambar petir setiap tahunnya dari angka ini, 90 persen di antaranya. Dari angka ini, 90 persen di antaranya selamat. Lantas, apa yang terjadi jika seseorang tersambar petir?

Tenaga yang dihantamkan petir ke tanah, biasanya sebesar 300 kilovolt, atau 150 kali lebih besar dari pada listrik yang digunakan untuk industri. Tenaga ini akan meninggalkan jejak berupa plasma yang menerangi bumi dengan cahaya zig zag yang sering Anda lihat selama ini.

Ketika tersambar petir, tubuh Anda hanya dilalui tegangan listrik selama 3 milidetik saja, namun banyak hal yang bisa terjadi dalam sepersekian detik ini. Ketika petir selesai menyambar, petir tersebut akan meninggalkan tubuh Anda dengan luka bakar bertipe tingkat tiga yang merupakan luka bakar terparah, yang juga merusakn jaringan bawah kulit.

Selain itu, rambut serta pakaian yang Anda gunakan akan terbakar atau gosong. Bahkan, pakaian yang Anda kenankan bisa jadi sudah tidak terbentuk lagi, akibat memanasnya di udara di ssekitar area yang tersambar petir mencapai 50000 derajar farenheit. Angka ini lima kali lebih panas dibandingkan permukaan matahari.

Kenapa seseorang bisa meninggal akibat tersambar petir?

Situasi akan lebih parah jika Anda mengenakan aksesoris metal, seperti kalung, atau tindik. Benda-benda ini dapat dengan mudah menghantarkan listrik, dan membuat kulit akan terpanggang sekeetika. Jika petri ini keluar melalui kaki Anda menuju tanah, alas kaki yang Anda kenakan seketika akan hancur.

Pembuluh darah yang terbakar karena hentakan elektrik dari petir dan panas, biasanya akan menyebabkan kondisi yang disebut lichtenberg figure di kulit, dimana kulit menjadi luka yang berpola menyerupai ranting pohon.

Dalam beberapa kasus ekstrem, ketika seseorang tersambar petir, mereka akan langsung mengalami henti jantung. Hal ini disebabkan karena ritme jantung yang berubah setelah terkena hentakan listrik. Inilah yang menyebabkan beberapa kasusu kematian akibat tersambar petir.

Hentakan listrik ini juga dapat menyebabkan kerusakan kronis dari sistem pernapasan. Jika hentakan listrik itu masuk ke dalam tengkorak, otak akan jadi sasaran utamanya. Hal ini bisa menyebabkan koma, serta lumpuh, baik sementara ataupun total.

Apa yang terjadi Jika seseorang selama dari sambaran petir?

Jika seseorang selama dari sambaran petir, ada beberapa hal yang terkaitkan dengan saraf yang akan berubah. Beberapa ilmuwam masih belum menemukan sebabnya, namun mereka percaya jika hentakan listrik menyerntuh 'sirkuit' internal di otak, hal ini yang menyebabkan perilaku sel juga akan berubah. Hal ini akan menyebabkan perubahan kepribadian, suasana hati yang berganti-ganti serta hilang ingatan.

Secara fisik, sangat mungkin untuk mereka selama dari sambaran petir untuk mengalami hilangnya kontrol terhadap otot, seperti parkinson.

Demikian mengenai Apakah yang Terjadi pada Tubuh sat tersambar petir, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Apa yang Terjadi Pada Tubuh saat Tersambar Petir"

Posting Komentar