Bahaya Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa

Bahaya Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa
Bahaya Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa - Bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa, segela sesuatu yang masuk kemulut dilarang, termasuk juga merokok. Nah, biasanya mereka yang sudah kecanduan merokok, saat waktu buka telah tiba, yang di cari dari mereka adalah rokok, bukan makanan atau minuman yang menyegarkan.

Sebenarnnya kebiasaan buruk merokok dapat di kurangi saat bula puasa, dan bisa juga menjadi terapi untuk Anda yang ingin mulai berhenti merokok.

Banyak orang sudah tahu kalau rokok memiliki banyak bahan kimia yang berbahay untuk kesehatan Anda. Bahan kimia utama yang terdapat pada rokok adalah karbon monoksida, nikotin dan tar. Bahan kimia ini akan terdapat dalam rokok bisa lebih berbahaya saat perut kosong setelah berjam-jam berpuasa.

Karbon Monoksida

Saat berbuka puasa, tubuh Anda mmbutuhkan nutrisi dan cairan untuk menggantikan energi dan cairan yang hilang selama puasa. Jika Anda langsung merokok saat buka puasa dalam keadaan perut kosong, maka risiko Anda mengalami mual, muntah, kelelahan, dan pusing akan meningkat.

Kandunagn karbon monoksida dalam asap rokok dapat masuk ke dalam aliran darah dan menurunkan kadar oksigen dalam darah. Hal ini bisa membuat Anda merasa lelah dan pusing. Gas ini juga bisa menurunkan fungsi otot dan jantung.

Karbon monoksida dalam darah juga dapat meningkat kadar kolestrol jahat dalam darah. Lama kelamaan, ini dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah arteri Anda serta membuat pembuluh darah arteri mengeras, kaku, dan kurang elastis. Hal ini kemudian membuat pembuluh darah menyempit dan akhirnya mengarah pada penyakit jantung dan stroke.

Nikotin

Merokok dalam keadaan perut kosong juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker paru-paru. Karena saat perut dalam keadaan kosong, maka nikotin akan terserap dalam tubuh lebih banyak dari biasanya. Sehingga, semakin besar risiko untuk terkena kanker paru-paru.

Nikotin yang ada dalam rokok juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah, detak jantung, dan aliran darah ke jantung, serta menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Semua hal ini kemudia dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Nikorin juga merupakan zat adiktif yang membuat Anda ketergantungan dengan rokok. Zat ini dapat tinggal dalam tubuh Anda selama 6-8 jam tergantung dari seberapa sering Anda merokok.

Demikian mengenai Bahaya Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bahaya Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa"

Posting Komentar