Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang?

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang?
Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang? - Saat wanita sedang hamil, gerakannya memang terbatas. Wanita hamil harus sangat hati hati dalam bergerak atau bertindak. Dalam posisi tidur sekalipun, wanita yang sedang hamil tidak boleh sembarang. Karena saat wanita sedang hamil, wanita mengalami perubahan fisik. Apa saja perubahan fisik tersebut?

Saat hamil, kapasitas ruang hamil membesar hingga 500 kali lipat. Berat rahim juga meningkat hingga 20 kali lipat dibandingkan sebelum hamil, emjadi 0,8 kg.

Dinding rahim yang tebalnya 1,5 - 2 cm, ketebalnnya bertambah menjadi 20-22 cm. Tak hanya itu, berat rahim juga bertambah menjadi 6,5 kg pada akhir bulan kehamilan.

Berat rahim yang meningkat dapat menekan pembuluh darah besar seperti aorta dan vena cava di dalam perut. Hal ini dapat membahayakan kondisi sanga calin ibu dan janinnnya. Sirkulasi darah ke jantung ibu dan janinn juga akan berkurang penekanan tersebut.

Karena perubahan tersebut, wanita hamil tidak boleh tidur dengan sembarang posisi, karena hal ini bisa sangat berbahaya jika tidur dengan posisi yang tidak disarankan, apalagi terlentang. Posisi tidur terlentang tidak disarankan karena membuat wanita yang sedang hamil tidak nyaman. Biasanya mereka akan merasakan sesak jika tidur dengan posisi tersebut.

Tidur terlentang juga dapat menyebabkan nyeri punggu atau pinggang belakang. Kesulitab bernapas, masalah pencernaa, wasir, dan juga darah rendah. Ada pula yang bermasalh dengan kenaikan asam lambung.

Posisi tidak terbaik untuk wanita yang sedang hamil adalah miring ke kiri. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi ke janin melallui plasenta.

Terekadang wanita hamil memerlukan penopang seperti guling pada punggungnya. Saat ini sudah banyak bantal khusu untuk wanita hamil di jual diluar sana, ada yang bentuk huruf U atau C. Bantal ini bisa membantu untuk menopang punggung wanita hamil dan membuat tidur nyenyak.

Demikian mengenai Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalina semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang?"

Posting Komentar