Cara Mengatasi Anak yang Malas Bergerak

Cara Mengatasi Anak yang Malas Bergerak
Cara Mengatasi Anak yang Malas Bergerak - Kebanyakan anak-anak sangat suka bergerak, apalagi bermain lari-larian. Tapi semua anak suka bergerak, ada beberapa anak yang hanya terdiam tidak mau banyak bergerak. Mereka biasanya keasikan main game. Jika hal ini terus menerus di lakukan, maka anak bisa menjadi obesitas dan berbagai penyakit akan menyerang anak.

Namun, menodorong anak untuk lebih aktivit memang sangat sulit, apalagi banyak permaian yang mengasikan bagi mereka. Tinggal duduk atau tiduran sambil pegang stick mereka bisa main sepuasnya. Kebiasaan ini jika di biarkan oleh orang tua akan membuat anak malas keluar rumah untuk bermain bersama temannya, dan akhirnya anak menjadi pasif.

Lalu bagaimana membujuk anak agar mau bergerak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Berikan Anak Keleluasaan

Berikanlah anak keleluasaan untuk memilih jenis aktivittas fisik dan waktu untuk melakukannya. Awali dengan intensitas yang rendah. Daripada berlari, maka lebih baik jalan santai selama 30 menit menjadi awal yang baik.

2. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Menciptakan suasana yang disukai dan menyenangkan bagi anak adalah hal penting, agar anak lebih mudah menikmati aktivitas fisik. Tak usah memasang target apapu. Bila hal ini dilakukan terus menerus, maka hal ini juga bisa menjadi kebiasaan pada anak tersebut. Anak akan memilih bergerak di luar rumah dari pada menonton Tv atau bermain game.

3. Pilih Aktivitas Fisik yang Sesuai Usia

Dengan memilih aktivitas fisik yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Pilihan yang salah bisa berakibat kebosanan pada anak untuk melakukan akvitas fisik lagi.

Sebagai panduan, anak usia prasekolah belum dapat melakukan olahraga permainan. Untuk itu Anda dapat melakukan aktivitas seperti berlari santai, lompat kodok, lempar bola, dan lain sebagainya. Sementara untuk anak usia sekolah, kenalkan dengan jenis olahraga seperti badminton, bola basket,berenang dan sepak bola.

4. Lakukan secara Bersama-sama

Jangan hanya menyuruh anak untuk beraktivitas fisik saja, tapi Anda malah hanya melihat saja. Ikutlah melakukan kegiatan aktivitas fisik. Jangan lupa ajak juga keluarga terdekat untuk melakukannya bersama-sama. Bila anak memiliki teman sebaya, Anda juga bisa mengajaknya, agar anak tambah semangat karena ada temannya.

5. Jadilah Contoh yang Baik

Saat Anda menyuruh anak untuk lebih banyak bergerak, maka Anda juga harus ikut memberikan contoh yang baik. Jangan menyuruh anak bergerak Anda malah asik-asikan tiduran sambil nonton Tv.

Melakukan aktivitas fisik sejak dini dapat menghindarkan dari obesitas dan serat terhindarnya beberapa penyakit akibat obesitas. Untuk mendukung kebutuhan energi bagi anak yang aktif, Anda juga harus memperhatikan makanan yang masuk pada anak.

Demikian mengenai Cara Mengatasi Anak yang Malas Bergerak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mengatasi Anak yang Malas Bergerak"

Posting Komentar